Senin 07 Dec 2020 20:36 WIB

Batam Bangun Jalan untuk Pesepeda

jalur sepeda di sepanjang jalan dari Bundaran Madani hingga Jembatan Bengkong Sadai.

Batam Bangun Jalan untuk Pesepeda (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Batam Bangun Jalan untuk Pesepeda (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BATAM -- Pemerintah Kota Batam membangun jalan khusus jalur untuk pesepeda untuk mengakomodir kebutuhan warga kota yang tengah gandrung olahraga bersepeda keliling kota.

"Targetnya enam bulan ke depan sudah selesai. Dan jalan ini akan jadi contoh saat pembangunan jalan lain karena punya jalur sepeda nantinya," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai meninjau lokasi rencana pembangunan jalan, Senin (7/12).

Rencananya, jalur sepeda itu akan dibangun di sepanjang jalan dari Bundaran Madani hingga Jembatan Bengkong Sadai. "Untuk jalur sepeda, kita bangun sepanjang jalan dengan lebar dua meter," kata dia.

Bersama dengan jalur sepeda, pemerintah juga akan membangun jalan kendaraan bermotor sebanyak lima lajur, trotoar untuk pejalan kaki dan drainase. Pada jalan utama itu, juga disiapkan ruang terbuka hijau selebar 1,5 meter, pedestrian dua meter di masing-masing jalur, serta median jalan tiga meter.

Ia berharap penataan jalan tersebut dapat menggesa rencana pembangunan yang lain dan menambah kenyamanan masyarakat saat berkendara. "Yang terpenting estetika Kota Batam makin memesona. Dan bisa menunjang Batam sebagai kota pariwisata," kata Rudi.

Pengerjaan jalan dilakukan PT Multi Sindo Internasional selama 180 hari kalender. Pembangunan jalan menggunakan APBN 2020 sebesar Rp23.590.632.000.

Selain jalan di Bundaran Madani, Pemkot juga menggesa pembangunan Jalan Yos Sudarso, Batuampar, yang rencananya juga dibuat lima lajur di setiap lajurnya.

Pembangunan jalan di kawasan tersebut, kata dia, demi memperlancar akses keluar masuk kendaraan menuju dan dari Pelabuhan Batuampar. "Untuk saat ini kita tambah satu lajur dulu, tapi sudah sekalian disiapkan untuk dibangun lima lajur," kata dia.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement