Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

GM Lengkapi Pabrik Zero dengan Koneksi 5G

Senin 07 Dec 2020 10:14 WIB

Red: Nidia Zuraya

General Motors

General Motors

Foto: EPA
GM adalah salah satu perusahaan pertama yang menggunakan layanan 5G Ultra Wideband.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- General Motors (GM) mengumumkan telah melengkapi Pabrik Zero, Detroit-Hamtramck Assembly Center, yang merupakan perakitan kendaraan listrik, dengan teknologi jaringan seluler tetap 5G. Layanan 5G Ultra Wideband Verizon sekarang beroperasi di Pabrik Zero, dengan peningkatan eksponensial dalam bandwidth dan kecepatan yang mendukung transformasi berkelanjutan dari pabrik saat bersiap untuk mulai memproduksi EV pada tahun 2021.

Verizon Business mengumumkan GM adalah salah satu pelanggan perusahaan pertama yang menggunakan layanan 5G Ultra Wideband. Jaringan 5G Ultra Wideband Verizon memiliki kecepatan unduh yang jauh lebih cepat dan bandwidth yang lebih besar daripada jaringan 4G.

Baca Juga

Pabrik Zero seluruhnya telah menghabiskan investasi 2,2 miliar dolar AS, yang terbesar untuk fasilitas manufaktur GM. Setelah beroperasi penuh, pabrik akan menciptakan lebih dari 2.200 pekerjaan manufaktur AS dengan gaji yang baik.

"Pabrik Zero akan menjadi pabrik perakitan andalan GM dalam perjalanan kami menuju masa depan yang serba listrik,” kata Phil Kienle, wakil presiden GM untuk Hubungan Manufaktur dan Perburuhan Amerika Utara, dikutip Senin (7/12).

“Memasang 5G di Pabrik Zero merupakan langkah penting dalam transformasi pabrik ini, dan menandakan betapa pentingnya manufaktur tingkat lanjut dalam perlombaan berkelanjutan menuju masa depan EV."

Saat ini, Internet of Things mengubah pabrik manufaktur, memungkinkan perangkat yang terhubung memberikan manfaat penting bagi kualitas dan keamanan. Sistem dan peralatan yang tak terhitung jumlahnya mengandalkan konektivitas, seperti robotika, sensor, dan kendaraan pemandu otomatis yang mengirimkan material ke seluruh lantai pabrik.

“Pekerja kami mengandalkan komunikasi yang cepat dan andal dan perlu mempercayai alat mereka, termasuk alat digital,” kata Kienle.

GM adalah salah satu perusahaan pertama yang memanfaatkan kekuatan Verizon 5G Ultra Wideband untuk menyediakan konektivitas unik kepada karyawan dan mendukung penelitian dan aplikasi baru yang akan mengubah bisnis mereka dan industri otomotif.

GMC Hummer EV yang akan datang dan Cruise Origin akan diproduksi di Factory Zero pada platform baterai Ultium GM. Ultium cukup fleksibel untuk membuat berbagai EV--mobil, truk, dan lainnya--dan merupakan jantung dari jajaran EV masa depan GM.

 

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA