Senin 07 Dec 2020 09:21 WIB

Toleransi, Pria Muslim Sumbang Tanah untuk Kuil Hindu

Tanah disumbangkan pria Muslim untuk bangun kuil Hindu.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Toleransi, Pria Muslim Sumbang Tanah untuk Kuil Hindu. Foto ilustrasi: Kuil Hindu di India
Foto: onislam
Toleransi, Pria Muslim Sumbang Tanah untuk Kuil Hindu. Foto ilustrasi: Kuil Hindu di India

REPUBLIKA.CO.ID, BENGALURU -- Seorang pria Muslim dari Bengaluru telah menyumbangkan 1,5 guntas tanah atau 151,71 meter persegi senilai Rs 80 lakh hingga Rs 1 cr atau delapan hingga 10 juta rupiah untuk pembenahan kuil Hanuman.

Pria tersebut memberikan teladan di tengah intoleransi yang meningkat. Perbuatan pria yang bernama HMG Basha, (65 tahun) yang terjun ke bisnis kargo membuat banyak orang memujinya.

Baca Juga

Dilansir di deccanherald.com, dia merupakan penduduk Belathur di Kadugodi, keluarga Basha memiliki tiga hektar tanah yang terletak berdekatan dengan kuil Hanuman kecil di Valagerepura, Hosakote taluk, distrik Pedesaan Bengaluru. Pemujanya telah beribadah di kuil selama lebih dari tiga dekade.

Tetapi Basha memperhatikan bahwa akhir-akhir ini mereka berjuang untuk menemukan cukup ruang untuk mengelilingu kuil dan melakukan ibadah. Selama ini, penduduk desa juga memutuskan untuk merenovasi candi tetapi kekurangan tempat.

"Menyadari hal tersebut, saya menawarkan untuk menyumbangkan 1,5 guntas dari lahan seluas tiga hektar dengan meyakinkan penduduk desa yang ragu-ragu, "kata Basha kepada DH.

Tanah ini terletak di tempat yang penting, dengan Jalan Madras Lama lewat tepat di sebelahnya. Menariknya, kepercayaan kuil hanya meminta satu sen dari tanah. Namun mengingat masuknya peminatnya, Basha pun murah hati dan memberi 1,5 guntas.

"Semua anggota keluarga saya setuju dengan ini. Hari ini kita hidup, besok kita binasa. Ketika ketidakpastian mengintai dalam hidup kita, apa yang akan kita peroleh dengan menyebarkan kebencian terhadap satu sama lain?" ujar dia.

Basha mengatakan apa yang dilakukan seseorang harus memberi manfaat bagi masyarakat luas dan itulah satu-satunya niatnya. Dengan hadiah dari Basha, Sri Veeranjaneyaswami Devalaya Seva Trust telah memulai renovasi kuil dengan biaya Rp 10 juta.  Kemudian, poster yang memuji amal Basha, yang dipajang oleh penduduk desa di samping jalan utama, menjadi viral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement