Senin 07 Dec 2020 05:25 WIB

Mengintip CCC yang Jadi Pusat Venue MICE di Makassar

Bangunan ini didirikan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM serta Pemprov Sulsel.

Pelajar mencari informasi pada pameran Education And Techno Expo 2016 di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Dewi Fajriani
Pelajar mencari informasi pada pameran Education And Techno Expo 2016 di Celebes Convention Center, Makassar, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merekomendasikan pusat konvensi di Makassar, Sulawesi Selatan, Celebes Convention Center (CCC) bagi siapapun di wilayah tersebut yang ingin menggelar berbagai kegiatan  meetings, incentives, conferences and, exhibitions (MICE). Masyarakat memang sedang diajak untuk tidak lupa terhadap tempat-tempat seperti CCC yang saat ini sedang lesu akibat merosotnya jumlah kegiatan imbas dari pandemi Covid-19.

"Beroperasi sejak  2007 CCC Memiliki gedung yang besar dan ruangannya yang luas menjadikannya tempat tepat untuk menghelat pameran, resepsi pernikahan, rapat, dan acara lainnya yang berskala besar baik nasional maupun internasional," kata Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, & Pameran (MICE) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Iyung Masruroh, Ahad (6/12).

Sebagai pusat MICE di Kota Makassar, kata dia, CCC menawarkan wilayah multifungsi, fleksibel dan kemampuan untuk menjadi tuan rumah berbagai jenis kegiatan. CCC memiliki ruang ekshibisi seluas 3.600 meter persegi dan memiliki ruangan yang dapat menampung 10 ribu hingga 15 ribu orang. Dalam kondisi, standing party dapat menampung 200-300 stand pameran. Selain ruang pameran juga disediakan ruang kantor pelayanan terpadu untuk konsultasi dan advokasi pembiayaan UMKM.

"CCC menempati lahan seluas 1,5 hektar terdiri dari 3 bangunan utama. Gedungnya menyediakan ruang pameran yang dapat menampung hingga 10 ribu orang, pusat konvensi yang mampu menampung hingga lima ribu orang, serta ballroom dengan kapasitas untuk empat ribu orang. Gedungnya sendiri dimiliki oleh Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah Sulawesi Selatan," papar dia.

Ia melanjutkan, CCC memiliki Luas 5.400 m2 yang dibangun atas kerjasama Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Bangunannya dilengkapi infrastruktur modern yang sanggup memfasilitasi kegiatan-kegiatan berupa MICE di bawah satu atap. 

Lokasinya juga cukup strategis yaitu di kawasan Pantai Losari yang merupakan sentra hiburan dan bisnis warga Kota Makassar. CCC juga berada di kawasan Tanjung Bunga yang menghubungkannya dengan Trans Studio Makassar. 

"CCC berada di tengah Kota Makassar sehingga mudah untuk menemukan berbagai akomodasi untuk mendukung kunjungan MICE Anda," kata dia.

Beberapa diantaranya adalah: Royal Regency Hotel, Quality Hotel Makassar, dan Kenari Tower Hotel. Selain itu, sekitar Kawasan ini juga dihiasi keindahan pantai dan budayanya, termasuk benteng-benteng peninggalan kolonial. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement