Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

AC Milan Menang Lagi, Kokoh di Puncak Klasemen Serie A

Senin 07 Dec 2020 04:48 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Gelandang Sampdoria Morten Thorsby (kiri) berusaha merebut bola dari kaki penyerang AC Milan Ante Rebic dalam pertandingan Serie A, Senin (7/12) dini hari WIB.

Gelandang Sampdoria Morten Thorsby (kiri) berusaha merebut bola dari kaki penyerang AC Milan Ante Rebic dalam pertandingan Serie A, Senin (7/12) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/SIMONE ARVEDA
Milan mengoleksi 26 poin dari 10 laga, unggul 5 poin dari Inter Milan di posisi kedua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- AC Milan memetik kemenangan kedelapan dari 10 laga Serie A musim ini setelah mengalahkan Sampdoria 2-1 di Stadion Luigi Ferraris, Genoa, Senin (7/12) dini hari WIB. Dua gol Milan datang dari penalti Franck Kessie dan pemain pengganti Samu Castillejo. Gol tuan rumah pun diciptakan oleh pemain pengganti Albin Ekdal.

Hasil ini tak menggoyahkan Rossoneri di puncak klasemen sementara Serie A. Milan mengoleksi nilai 26 dari 10 laga, unggul lima poin dari Inter Milan di posisi kedua. Adapun Sampdoria tertahan di posisi 12 dengan nilai 11.

Baca Juga

Jalannya laga 

Sampdoria menggempur Milan dan langsung mendapatkan hadiah tendangan bebas saat Ante Rebic hand ball pada menit pertama pertandingan. Namun kesempatan ini tak dimaksimalkan. Empat menit berselang, giliran Franck Kessie dihukum kartu kuning oleh wasit Giampaolo Calvarese karena pelanggaran berat. 

Gawang Milan sempat terancam pada menit kedelapan saat terjadi kemelut di depan gawang Gianluigi Donnarumma. Bermula dari percobaan Fabio Quagliarella yang berhasil diblokir, kemudian berlanjut dengan tandukan Lorenzo Tonelli. Beruntung bagi Milan, Donnarumma siap mengamankan gawangnya dengan tepisannya. 

Pada menit ke-12, giliran Milan yang menciptakan peluang emas saat Ante Rebic menerima umpan dari Alexis Saelemaekers. Namun, upaya Rebic berhasil dihentikan oleh Alex Ferrari dan hanya menghasilkan tendangan sudut. 

Lima menit berselang, Rebic kembali mengancam gawang Sampdoria saat menerima umpan dari Brahim Diaz di bagian kiri serangan. Rebic langsung menembakkan bola ke gawang, namun berhasil diselamatkan oleh Audero di sudut kanan bawah. 

Gagal pada percobaan tersebut, Rebic kembali dengan percobaan lainnya. Di menit ke-27, dia hampir membuka angka jika saja tidak terjebak offside saat hendak menerima umpan dari Calhanoglu. Tiga menit kemudian, giliran Saelemaekers yang menciptakan peluang, namun tendangannya masih terlalu tinggi. 

Dalam sepuluh menit waktu normal tersisa, belum ada gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Gabbiadini mencoba memberikan ancaman saat meneruskan umpan dari Quagliarella, namun tendangannya diselamatkan di bagian tengah gawang. Pada menit ke-38, Rebic kembali menciptakan peluang. Namun lagi-lagi masih bisa diselamatkan. 

Saat babak pertama sepertinya berakhir imbang, Milan mendapatkan keuntungan ketika Jakub Jankto handball di kotak penalti. Franck Kessie maju sebagai eksekutor dan membawa Milan memimpin 1-0 lewat golnya pada injury time. Skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Pada babak kedua, Sandro Tonali membuka peluang pertama Milan pada menit ke-47 dengan tembakan kaki kanannya. Namun bola sepakannya hanya membentur tiang gawang.

Semenit kemudian, Sampdoria memberikan ancaman melalui Fabio. Namun, tendangan dari luar kotak 16 berhasil diblok. Pada menit ke-70 percobaan juga dilakukan oleh pemain pengganti Antonino La Gumina, tapi tendangannya masih terlalu tinggi dan melebar.

Tim tamu justru berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-77 melalui gol yang diciptakan oleh Samu Castillejo yang berhasil memaksimalkan umpan Rebic. meneruskannya langsung ke gawang dengan tendangan kaki kirinya. Gol ini mengejutkan Sampdoria karena Castillejo baru semenit berada di lapangan menggantikan Saelemaekers.

Sampdoria baru berhasil mencetak gol pada menit ke-82 oleh pemain pengganti Albin Ekdal. Ia menyelesaikan umpan dari Mikkel Damsgaard. Tembakan kaki kanan dari bagian kiri kotak 16 ke sudut kiri bawah tak mampu diantisipasi oleh Donnarumma. 

Kedua tim terus berupaya merubah keadaan dengan saling jual beli serangan di waktu yang tersisa. Namun, Sampdoria gagal untuk setidaknya mencetak gol penyama kedudukan. Rossoneri pulang ke Kota Milan dengan tiga poin setelah menang 2-1 atas Sampdoria.

Pada babak kedua, 

Susunan pemain kedua tim: 

Sampdoria (4-4-2)

Eemil Audero; Bartosz Bereszynski (Omar Colley 20'), Alex Ferrari, Lorenzo Tonelli, Tomasso Augello; Antonio Candreva, Morten Thorsby, Adrien Silva (Albin Ekdal 46'), Jakub Jankto (Mikkel Damsgaard 46'); Manolo Gabbiadini (Antonio La Gummina 57'), Fabio Quagliarella 

Pelatih: Claudio Ranieri

AC Milan (4-2-3-1)

Gianluigi Donnarumma; Theo Hernandez, Alessio Romagnoli, Matteo Gabbia, Davide Calabria; Franck Kessie, Sandro Tonali; Brahim Diaz (Jens Hauge 46'), Hakan Calhanoglu, Alexis Saelemaekers (Samu Castillejo 76'); Ante Rebic

Pelatih: Stefano Pioli

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA