Senin 07 Dec 2020 02:02 WIB

Cukur Crotone 4-0, Napoli Naik ke Posisi Ketiga

Napoli diuntungkan oleh kartu merah Jacopo Petriccione pada awal babak kedua.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Selebrasi penyerang Napoli Lorenzo Insigne seusai menjebol gawang Crotone.
Foto: EPA-EFE/CARMELO IMBESI
Selebrasi penyerang Napoli Lorenzo Insigne seusai menjebol gawang Crotone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Napoli naik ke posisi ketiga klasemen sementara Serie A Italia. Tim asal selatan Italia mencatatkan kemenangan meyakinkan 4-0 atas Crotone pada laga pekan kesepuluh Serie A Italia di Stadion Ezio Scida, Crotone, Senin (7/12) dini hari WIB. Tim asuhan Gennaro Gattuso diuntungkan oleh kartu merah Jacopo Petriccione pada awal babak kedua.

Napoli mengoleksi nilai 20 lewat kemenangan ini, sama dengan Juventus. Keunggulan selisih gol menempatkan i Partenopei di posisi tiga, tepat di atas Juventus. Sementara Crotone masih terkapar di dasar klasemen dengan nilai dua dari 10 laga. Tim asuhan Giovanni Stroppa belum sekali pun memetik kemenangan.

Baca Juga

Jalannya laga

Napoli yang bertindak sebagai tim tamu tidak ragu langsung menggempur pertahanan Crotone sejak kick-off. Percobaan pertama dilakukan oleh Andrea Petagna dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak 16. Namun, bola masih belum menemui sasaran. 

Selanjutnya pada menit kesembilan giliran Lorenzo Insigne yang memberikan ancaman saat menerima umpan dari Andrea Petagna di sisi kanan serangan. Namun, tendangan kaki kanan Insigne yang mengarah ke sudut kiri bawah berhasil diselamatkan oleh kiper Crotone Alex Cordaz. 

Bukan tanpa peralawanan, Crotone juga berusaha membuka peluang untuk mencetak gol. Pada menit ke-12, Ahmad Benali melepaskan tembakan kanan, tapi berhasil diblokir oleh pemain belakang Napoli. 

Crotone kembali mengancam gawang Napoli di menit ke-21 melalui tembakan jarak jauh Junior Messias. Namun, tendangan kaki kirinya itu masih terlalu tinggi. 

Empat menit berselang, giliran Napoli yang menciptakan peluang mereka. Petagna kembali mengancam gawang Corotone saat mendapat ruang tembak dari bagian tengah kotak 16. Namun, tendangan kaki kiri yang mengarah ke sudut kiri gawang masih bisa diselamatkan oleh kiper Cordaz. 

Napoli terus menekan hingga akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-31 melalui gol Insigne. Tembakan jarak jauh yang mengarah ke sudut kanan atas gawang gagal diantisipasi oleh kiper. Napoli pun memimpin 1-0 atas Crotone. 

Pada menit ke-37, Crotone melalui kerja sama antara Salvatore Molina dan Milos Vulic berhasil mengancam gawang Napoli. Namun, tendangan Vulic dari bagian tengah kotak 16 berhasil diselamatkan di bagian tengah gawang. 

Kedua tim terus mencari peluang untuk mencetak angka. Namun, belum ada penyelesaian yang maksimal sejauh ini. Hingga pada menit ketiga injury time, Insigne mendapat ruang tembak dari luar kotak 16. Namun, upaya tersebut berhasil diblokir di bagian pertahanan. 

 

Pada babak kedua, Crotone berusaha bangkit dan bermain lebih agresif. Namun, Jacopo Petriccione melakukan pelanggaran keras dan mendapat kartu kuning. Hukuman itu dianulir, diganti kartu merah setelah wasit Livio Marinelli melihat VAR pada menit ke-50. 

Napoli tentu tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka bermain lebih klinis di lini pertahanan lawan. Hingga pada menit ke-58, Napoli. Berhasil menggandakan keunggulan melalui gol yang diciptakan oleh Hirving Lozano ketika menerima umpan silang dari Insigne. 

Kendati demikian, tim asuhan Gennaro Gattuso tampak belum puas dengan skor 2-0. Mereka terus menekan dan mencoba menambah keunggulan. Pada menit ke-62, percobaan oleh Insigne masih bisa diblok pemain belakang tuan rumah. 

Crotone masih punya peluang walau bermain dengan satu orang lebih sedikit. Pada menit ke-66, Arkadiusz Reca mendapat kesempatan di tengah kotak penalti, namun berhasil diadang oleh bek Napoli. 

Dua menit berselang kesempatan kembali dimiliki Napoli, Mario Rui melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari sudut sulit ketika mengeksekusi bola mati. Namun, upayanya tersebut masih belum membuahkan hasil karena bola meleset dari gawang. 

Napoli akhirnya berhasil memperjelas kemenangan mereka dengan gol ketiga yang diciptakan oleh Diego Demme pada menit ke-76 dengan tembakan jarak jauh ke sudut kiri bawah yang tidak dapat diantisipasi oleh kiper Cordaz. Napoli pun memimpin 3-0. 

Tim tamu lantas melakukan beberapa pergantian pemain. Seperti Politano gantikan Lozani, Stanislav menggantikan Bakayoko,  Nikola menggantikan Koulibaly, dan Elmas menggantikan Insigne. 

Napoli kembali menambah skor sebelum peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Petagna mencetak gol di menit kepertama injury time saat menerima umpan dari Dries Mertens. Laga ini pun berakhir dengan skor 4-0 untuk Napoli. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement