Ahad 06 Dec 2020 22:19 WIB

Babak Pertama, Roma Ditahan Imbang Sassuolo

AS Roma gagal memecah kebuntuan pada babak pertama

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Para pemain AS Roma.
Foto: AP Photo/Andrew Medichini
Para pemain AS Roma.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma gagal memecah kebuntuan pada babak pertama laga pada pekan kesepuluh Serie A, Ahad (6/12) malam WIB. Menerima lawatan Sassuolo, I Giallorossi masih belum mampu merobek gawang tamunya tersebut. Bahkan, Roma harus bermain dengan 10 pemain di lima menit akhir babak pertama usai kartu merah yang diterima Pedro.

Kendati bermain imbang, tanpa gol, tapi tempo pertandingan yang digelar di Stadion Olimpico tersebut cukup tinggi. Kedau tim saling bergantian melancarkan serangan. Statistik penguasaan bola antara kedua tim pun tidak terlalu jauh. Hingga pertengahan babak pertama, tim ruan rumah sedikit lebih unggul dengan penguasaan bola mencapai 54 persen.

Baca Juga

Tidak hanya itu, I Giallorossi juga lebih unggul dalam hal ancaman ke gawang lawan, dengan melepaskan tiga tembakan hingga laga menyentuh pertengahan babak pertama. Sementara tim tamu hanya mampu mengemas satu tembakan. Satu-satunya peluang yang didapat tim tamu pada periode ini adalah via tendangan bebas di luar kotak penalti.

Hingga pertengahan babak pertama, kedua tim masih menghadapi masalah yang sama, yaitu akurasi tembakan. Dua tim tersebut tercatat tidak mencatakan satu pun tembakan tepat ke arah gawang. Dari sisi permainan, Roma kerap merepotkan via sisi lapangan. Namun, begitu memasuki kotak penalti, berbagai umpan tarik yang dilepaskan para pemain sayap, termasuk Leonardo Spinazolla, selalu terbentur ketatnya pertahan Sassuolo. 

Di sisi lain, Sassuolo juga belum menemukan ritme permainan yang tepat di lini serang. Struktur serangan Sassuolo, yang kerap dibangun oleh Manuel Locatelli, selalu gagal saat memasuki sepertiga akhir lapangan. Petaka buat tim tuan rumah datang pada menit ke-40. Wasit mengusir gelandang serang Roma, Pedro Rodriguez. Eks winger Barcelona itu menerima kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Maxime Lopez.

Roma sebenarnya berhasil memecah kebuntuan pada menit terakhir babak pertama. Berawal dari serangan balik yang dibangun Edin Dzeko, Henrikh Mkhitaryan sukses memanfatkan bola liar di depan kotak penalti Roma. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran sebelum Mkhtaryan melepaskan tembakan, Dzeko terlebih dahulu melakukan pelanggaran. Insiden ini sekaligus mengakhiri babak pertama laga.

Susunan Pemain:

AS Roma (3-4-2-1)

Pelatih: Paulo Fonseca

Kiper: Mirante; 

Belakang: Ibanez, Cristante, Kumbulla; 

Tengah: Karsdorp, Villar, Pellegrini, Spinazzola; Pedro, Mkhitaryan; 

Depan: Dzeko

 

Sassuolo (4-2-3-1)

Pelatih: Roberto De Zerbi

Kiper: Pegolo; 

Belakang: Ayhan, Marlon, Ferrari, Rogerio; 

Tengah: Locatelli, Obiang; Berardi, Lopez, Boga; 

Depan: Djuricic

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement