Ahad 06 Dec 2020 20:55 WIB

Crystal Palace Hajar West Brom 5-1

Crystal Palace permalukan tuan rumah West Bromwich Albion.

Penyerang Crystal Palace, Christian Benteke mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion.
Foto: EPA-EFE/Alex Livesey
Penyerang Crystal Palace, Christian Benteke mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Crystal Palace permalukan tuan rumah West Bromwich Albion pada laga lanjutan Liga Primer Inggris, Ahad (6/12). Palace menghajar West Bromwich 5-1.

Crystal Palace lebih dulu unggul berkat gol bunuh diri Darnell Furlong pada menit ke-8. Furlong yang mencoba memotong bola sepakan Wilfred Zaha justru membuat bola masuk ke gawang sendiri. 

West Bromwich bukan tanpa perlawanan. Sejumlah peluang dicetak anak-anak asuhan Slaven Bilic, salah satunya melalui tandukan Furlong yang hanya mengenai tiang gawang. Gol balasan West Bromwich akhirnya tercipta pada menit ke-30, lewat sepakan Connor Gallagher menyambut umpan Furlong.

photo
Selebrasi pemain West Bromwich Albion, Connor Gallagher saat mencetak gol ke gawang Crystal Palace. - (EPA-EFE/Alex Livesey)

Nahas, jelang akhir babak pertama, West Bromwich harus kehilangan satu pemainnya, Matheus Pereira yang diganjar kartu merah akibat melanggar Patrick van Aanholt. Kehilangan satu pemain ini yang kemudian mengubah jalannya laga.

Palace leluasa membangun serangan, dampaknya dua gol Wilfred Zaha dan Benteke membuat Palace menang 5-1. 

Dengan hasil kemenangan ini, Palace menempati posisi 11 klasemen sementara dengan poin 16. Sedangkan, West Brom tak beranjak dari posisi 19 klasemen dengan nilai 6 poin. West Brom baru sekali menang musim ini.

Jalannya Laga

Winger kelahiran Pantai Gading itu, Wilfried Zaha, langsung memberikan kontribusi positif di laga pertamanya setelah pulih dari virus Covid-19. Setelah menerima umpan mendatar dari tendangan bebas, yang dieksekusi Luka Milijojevic di sisi kiri pertahanan The Baggies, Zaha langsung melepaskan umpan tarik. Bola hasil umpan tarik Zaha itu berubah arah dan masuk ke gawang The Baggies usai kesalahan antisipasi yang dilakukan winger West Bromwich, Darnel Furlong.

Ini menjadi awal yang apik buat The Eagles, dalam upayanya kembali ke jalur kemenangan usai menelan kekalahan beruntun di dua laga terakhir. Namun, tim tuan rumah tidak mau tinggal diam. Tim besutan Slaven Bilic itu langsung berusaha membalas. Puncaknya, sebuah penetrasi Furlong di sisi kanan pertahanan Palace berujung maksimal.

Furlong melepaskan umpan tarik, yang mampu disambut oleh Conor Gallagher. Gelandang asal Inggris langsung melepaskan tembakan terarah ke pojok kiri gawang The Eagles. Tim tuan rumah sukses menyamakan kedudukan saat laga memasuki menit ke-30. Kendati begitu, The Baggies harus rela kehilangan satu pemain usai wasit memberikan kartu merah kepada Mattheus Pereira.

Gelandang berusia 24 tahun itu dianggap secara sengaja menendang salah satu penggawa Crystal Palace. Insiden ini terjadi usai Pereira terjatuh dalam duel perebutan bola. Wasit, setelah melakukan review VAR, akhirnya tidak ragu mengusir gelndang asal Brasil tersebut. Kondisi ini tentu bakal menyulitkan The Baggies, yang tengah mengincar torehan kemenangan beruntun pertamanya di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Pada babak kedua, pelatih WBA, Slaven Bilic, memutuskan memasukan gelandang Filip Krovinociv untuk menggantikan gelandang serang Grady Diangana. Pergantian pemain ini diambil Bilic sebagai respon atas kartu merah yang diterima Pereira. Kehadiran Krovinovic diharapkan bisa membuat lini tengah The Baggies tetap bisa bersaing dengan barisan gelandang The Eagles.

Namun, kalah jumlah pemain membuat The Baggies tidak bisa berbuat banyak. Bahkan, hingga pertengahan babak kedua, tim ruan rumah tercatat tidak pernah mencetak tembakan. Sebaliknya, The Eagles justru tampil kian nyaman pada babak kedua. Sembilan tembakan, termasuk tiga tembakan tepat ke arah gawang, dicatatan tim tamu dalam periode yang sama.

Dua dari tiga tembakan tepat ke arah gawang ini berbuah menjadi gol buat The Eagles. Pada menit ke-55, Zaha kembali menjadi aktor utama terciptanya gol The Eagles. Melepaskan tendangan keras dari sisi kiri kotak penalti The Baggies, Zaha sukses menempatkan bola di sisi kanan gawang The Baggies.

Sementara pada menit ke-59, Christian Benteke menambah keunggulan The Eagles. Striker asal Belgia itu menanduk bola hasil umpan Patrick Van Aanholt, yang merangsek via sisi kanan pertahanan The Baggies. Kendati begitu, tim besutan Roy Hodgson itu belum mau berhenti. Berawal dari aksi operan satu-dua antara Eberechi Eze dengan Christian Benteke berhasil menggandakan keunggulan tim tamu.

Eze yang berhasil masuk ke dalam kotak penalti gagal melepaskan tendangan lantaran dihalangi bek tengah West Brom. Namun, bola rebound itu langsung disambar Zaha dengan kaki kiri bagian luar. Untuk kedua kalinya, winger yang pernah memperkuat timnas Inggris itu mencatatkan namanya di papan skor di laga ini.

Tidak hanya Zaha, Benteke juga berhasil menambah catatan golnya di laga ini, tepatnya pada menit ke-82. Setelah menerima umpan tarik dari Nathaniel Clyne, Benteke melepaskan tendangan keras dari depan kotak penalti West Bromwich. Bola sepakan eks striker Liverpool itu bersarang tepat di tengah gawang WBA.

Dengan kemenangan ini, The Eagles kembali ke jalur kemenangan usai sebelumnya dibekap Burnley dan Newcastle United di dua laga terakhir. Tidak hanya itu, tambahan tiga angka dalam lawatan ke markas WBA ini juga mendongkrak posisi Palace ke peringkat ke-11 klasemen sementara, dengan raihan 16 poin dari 11 laga.

Susunan Pemain:

West Bromwich Albion (3-4-1-2)

Pelatih: Slaven Bilic

Kiper: Johnstone, 

Belakang: Ajayi, Ivanovic, Bartley, 

Tengah: Furlong, Gallagher, Sawyers, Phillips; Pereira

Depan: Ahearne-Grant, Diangana.

 

Crystal Palace (4-4-2)

Pelatih: Roy Hodgson

Kiper: Guaita,

Belakang: Clyne, Kouyate, Cahill, van Aanholt, 

Tengah: Schlupp, Milivojevic, McArthur, Eze, 

Depan: Benteke, Zaha.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement