Ahad 06 Dec 2020 17:09 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Buka Lokasi Baru Tes Cepat

Airport Health Center yang baru dibuka di SMMILE Center dan dioperasikan Indofarma.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Suasana Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara Soekarno-Hatta membuka lokasi baru untuk tes cepat Covid-19.
Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Suasana Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara Soekarno-Hatta membuka lokasi baru untuk tes cepat Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Soekarno-Hatta membuka lokasi baru untuk tes cepat Covid-19. Lokasi baru tes cepat tersebut dilakukan di ruang terbuka yang dilengkapi area hijau agar memberikan kenyaman lebih bagi penumpang pesawat.

"Lokasi tes itu adalah fasilitas terbaru Airport Health Center yang ada di kawasan SMMILE Center Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (6/12).

Baca Juga

Dia mengatakan, Airport Health Center yang baru dibuka di SMMILE Center tersebut dioperasikan oleh mitra AP II yakni PT Indofarma Tbk melalui anak usahanya yakni Farmalab untuk memberikan layanan rapid test antibodi. Ke depannya, kata Awaluddin, layanan akan ditambah untuk rapid test antigen, PCR test, dan ID Now test.

"Tidak hanya itu, di dekat lokasi ini juga tersedia layanan rapid test drive thru sehingga lebih memudahkan traveler dalam mempersiapkan perjalanan," ujar Awaluddin.

Dia menambahkan, dengan adanya Airport Health Center di SMMILE Center juga merupakan salah satu persiapan AP II dalam mendukung kelancaran penerbangan pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021. Awaluddin menuturkan, kondisi pandemi membuat AP II perlu berinovasi untuk selalu mendukung dapat mudah menjalani protokol kesehatan, salah satunya dengan menghadirkan Airport Health Center.

"Keberadaan lokasi tes ini, beserta adanya tes drive thru adalah juga salah satu persiapan kami menyambut angkutan Natal dan Tahun Baru," tutur Awaluddin.

Sementara itu, Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto mengatakan, Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta dan sejumlah bandara lainnya merupakan bentuk dari kolaborasi. Khususnya untuk mendukung sektor penerbangan nasional di tengah pandemi ini.

"Saat ini di Terminal 2 juga masih dioperasikan Airport Health Center untuk pemeriksaan rapid test antibodi," jelas Arief.

Arief memastikan, tarif untuk layanan rapid test antibodi udah termasuk surat keterangan dokter. Hal tersebut berlaku di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yakni Rp 85 ribu untuk setiap penumpang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement