Ahad 06 Dec 2020 02:18 WIB

AS Putus Program Pertukaran Budaya dengan China

AS telah mengakhiri lima program pertukaran budaya dengan China

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
AS telah mengakhiri lima program pertukaran budaya dengan China. Ilustrasi.
Foto: AP / Andy Wong
AS telah mengakhiri lima program pertukaran budaya dengan China. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), mengatakan telah mengakhiri lima program pertukaran budaya dengan China, Jumat (5/12). Washington menyebut program tersebut sebagai alat propaganda dengan cara halus.

Departemen tersebut mengatakan di situs webnya bahwa telah menghentikan Program Perjalanan Pendidikan Pembuat Kebijakan China dan Program Persahabatan AS-China. Kemudian Program Pertukaran Kepemimpinan AS-China, Program Pertukaran Transparansi AS-China, dan Program Pendidikan dan Kebudayaan Hong Kong.

Baca Juga

Program tersebut disebut telah diatur di bawah naungan Undang-Undang Pendidikan dan Pertukaran Budaya Bersama. Undang-undang ini berasal dari 1961 yang ditandatangani oleh Presiden John F. Kennedy dan bertujuan untuk meningkatkan pertukaran akademik dan budaya dengan negara-negara asing.

"Sementara program lain yang didanai di bawah naungan MECEA saling menguntungkan, lima program tersebut sepenuhnya didanai dan dioperasikan oleh pemerintah (China) sebagai alat propaganda secara halus," kata pernyataan Departemen Luar Negeri AS itu.

Kedutaan Besar China di Washington tidak segera berkomentar tentang langkah tersebut. Namun, keputusan ini akan semakin memperburuk suasana hubungan kedua negara yang sudah merosot selama pemerintah Presiden Donald Trump.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement