Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Tuesday, 24 Zulhijjah 1442 / 03 August 2021

Adriyanto Dewo Raih Penulis Skenario Terbaik Piala FFI 2020

Sabtu 05 Dec 2020 20:52 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih

Film Mudik karya sutradara Adriyanto Dewo.  Adriyanto Dewo menyabet Piala FFI 2020 untuk skenario film Mudik. Ilustrasi.

Film Mudik karya sutradara Adriyanto Dewo. Adriyanto Dewo menyabet Piala FFI 2020 untuk skenario film Mudik. Ilustrasi.

Foto: dok. Mola TV dan Lifelike Pictures
Adriyanto Dewo menyabet Piala FFI 2020 untuk skenario film Mudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Adriyanto Dewo berhasil menyabet piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2020 untuk kategori Penulis Skenario Terbaik. Penghargaan ini diraih untuk skenario film Mudik yang juga disutradarai oleh dirinya.

“Terima kasih untuk semua, terutama orang-orang yang membuat skenario ini terealisasi,” kata Adriyanto dalam pidato kemenangannya di Anugerah Piala Citra FFI 2020 pada Sabtu (5/12).

Untuk kategori ini, Adriyanto mengalahkan nominator lain seperti Djoko Anwar untuk skenario Perempuan Tanah Jahanam, Riri Riza untuk skenario film Humba Dreams, hingga Yosef Anggi Noen untuk skenario The Science of Fictions Hiruk Pikuk Si Alkisah.

Film Mudik bercerita tentang Aida (Putri Ayudya) yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik bersama sang suami, Firman (Ibnu Jamil) ke kampung halaman mereka sekaligus untuk menemukan solusi atas konflik rumah tangga yang sedang dihadapi. Dalam perjalanan tersebut, tak sengaja mereka terlibat dalam sebuah kecelakaan yang akhirnya merenggut nyawa suami orang lain.

Dalam prosesnya menghadapi kejadian yang tidak terduga ini, Aida dipaksa untuk menemukan jawaban yang selama ini tersimpan di dalam hidupnya.

Film ini diproduksi oleh LifeLike Pictures bersama Relate Films dan dibintangi oleh Asmara Abigail, Putri Ayudya, Ibnu Jami,l dan Yoga Pratama. Film Mudik tayang pertama kali di Festival Film International Macau pada 9 Desember 2019. Di Indonesia, Mudik tayang di Mola TV pada 28 Agustus 2020.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2020 diselenggarakan Sabtu (5/12) malam di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC). Acara ini akan digelar dengan mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Ketua Komite FFI Lukman Sardi mengatakan tamu undangan untuk penyelenggaraan acara tahun ini dibatasi mengingat acara digelar di tengah pandemi Covid-19. “Biasanya kami mengundang ribuan sineas. Tahun ini hanya para nominator yang kami undang,” kata dia.

Tahun ini, FFI akan memberikan Piala Citra kepada para pemenang dari 21 nominasi. Para nominasi itu terdiri dari film yang tayang sejak tanggal 1 Oktober 2019 hingga Maret 2020. Selain film bioskop, film yang tayang lewat streaming perdana juga diikutsertakan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA