Jumat 04 Dec 2020 16:32 WIB

Polisi Brasil Bersiaga Usai Perampok Bank Kabur

Pelaku menggunakan bahan peledak dan senjata kaliber tinggi.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Polisi Brasil Bersiaga Usai Perampok Bank Kabur. Aparat kepolisian Brasil.
Foto: Reuters/Kai Pfaffenbach
Polisi Brasil Bersiaga Usai Perampok Bank Kabur. Aparat kepolisian Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Pejabat keamanan publik dan badan intelijen di negara bagian Pará, Brasil memasang status siaga, menyusul adanya insiden perampokan bank pada Rabu (2/12) dini hari di Cameta. Satu orang tewas setelah disandera oleh setidaknya 10 pelaku perampokan yang menggunakan senjata. 

Menurut Gubernur Pará, Helder Barbalho, kelompok bersenjata yang melakukan perampokan melewati brankas, namun melarikan diri tanpa membawa uang. Ia meminta agar kota dan negara-negara bagian sekitar untuk tetap berhati-hati dan mengambil tindakan lebih lanjut. 

Baca Juga

“Operasi (perampokan) seperti ini membutuhkan uang yang sangat besar. Karena pelaku tidak berhasil, risiko mereka mencari lokasi baru sangat mungkin,” ujar Barbalho, dilansir Anadolu Agency, Kamis (3/12).

Berbicara melalui telepon, petugas pers Wali Kota Cametá Waldoli Valente, Dieh Kleine Sacramento, mengeluhkan kurangnya struktur keamanan di kota tersebut. Namun, ia mencatat biasanya kota itu adalah area yang sangat tenang di mana kejahatan hampir tidak pernah terjadi.

“Kota ini selalu dikenal sangat damai. Hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Kleine. 

Menurut polisi, para perampok menggunakan mobil dan perahu untuk melarikan diri. Perampokan ini juga terjadi setelah insiden serupa juga terjadi pada Selasa (1/12) dini hari di Criciúma, Brasil selatan di negara bagian Santa Catarina.

Seperti insiden itu, perampok di Cametá menggunakan penduduk setempat sebagai sandera dan menyerang batalion Polisi Militer Pará untuk menghalangi kedatangan petugas di bank. Pelaku menggunakan bahan peledak dan senjata kaliber tinggi. 

Saat ini, ada satu orang ditangkap karena dicurigai memberikan dukungan logistik terhadap pelaku perampokan. Tahun ini, Pará telah mengalami dua perampokan serupa, yaitu pada Januari dan April.

Wakil Komandan Polisi Santa Catarina Marcelo Pontes mengatakan terdapat kesamaan antara kasus perampokan di Criciúma dan insiden yang baru-baru ini terjadi di cabang bank di pedalaman negara bagian São Paulo. 

https://www.aa.com.tr/en/americas/police-in-brazil-on-alert-after-failed-bank-heist/2063780

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement