Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

Monday, 11 Zulqaidah 1442 / 21 June 2021

10 Film Ini Raih Pendapatan Tertinggi pada Tahun 2000-an

Kamis 03 Dec 2020 17:37 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Film Harry Potter and the Sorcerer

Film Harry Potter and the Sorcerer

Foto: Warner Bros Pictures.
Film Harry Potter and the Sorcerer's Stone meraup sekitar Rp 130 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tahun 2000-an atau era milenium menjadi dekade yang sibuk bagi sinema Hollywood. Pasalnya pada saat itu, muncul banyak bintang film maupun waralaba paling ikonik sepanjang masa.

Sebut saja film The Lord of the Rings, Harry Potter, Pirates of the Caribbean, dan Shrek. Semua blockbuster ikonik tersebut menghasilkan sejumlah penghasilan kotor yang sangat besar. Berikut beberapa daftar film yang meraup pendapatan tertinggi pada tahun 2000-an seperti dilansir di laman Looper, Kamis (3/12).

1. Shrek 2

Shrek 2 bercerita bagaimana dua karakter utama film tersebut jatuh cinta secara tidak sengaja. Kesuksesan film ini menaklukkan box office bukan suatu kebetulan.

Promosi Shrek menjadikannya sebagai fenomena budaya pop. Memulai debutnya pada Mei 2004, film ini hampir menggandakan pendapatan kotor box office dari 491 juta dolar AS menjadi 928 juta dolar AS atau sekitar Rp 13,1 triliyun. Setelah memecahkan rekor box office di seluruh dunia, Shrek 2 berhasil melengserkan Finding Nemo menjadi film animasi terbesar sepanjang masa di seluruh dunia.

2. Harry Potter and the Half-Blood Prince

Film Harry Potter and the Half-Blood Prince boleh dibilang menciptakan keajaiban di box office. Film ini meraup 934 juta dolar AS atau sekitar Ro 13,2 triliyun di seluruh dunia, yang merupakan pendapatan kotor untuk mengungguli semua franchise kecuali satu rilis lain (film Avatar) di box office seluruh dunia.  

3. The Lord of the Rings: the Two Towers

Dalam sejarah blockbuster musim panas, biasanya film kedua dalam sebuah waralaba menghasilkan lebih sedikit pendapatan dibanding film pendahulunya. Namun hal itu tidak berlaku untuk The Lord of the Rings: the Two Towers. Film ini meraih pendapatan kotor 937 juta dolar AS atau Rp 13,3 triliun di seluruh dunia.

4. Harry Potter and Orde Phoenix

Film berhasil mengumpulkan pendapatan kotor sebesar 942 juta dolar AS atau Rp 13,4 triliun di seluruh dunia. Ini merupakan sebuah pencapaian yang mengesankan pada musim panas mana pun. Film tersebut mencapai rekor box office tertinggi di dunia sejak film Harry Potter and the Sorcerer's Stone. Sinema Order of the Phoenix juga unggul karena waktu yang tepat dalam peluncurannya pada Juli 2007.

5. Pirates of the Caribbean: At World's End

Film ini melanjutkan kesuksesan besar waralaba Pirates di box office seluruh dunia. Film ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar 961 juta dolar AS atau Rp13,6 triliiun. Meskipun film ini tiba hanya 10 bulan setelah film sebelumnya, tapi memperjelas bahwa penonton tidak hanya melihat film ini sebagai 'sisa makanan' yang dihangatkan.

6. Batman: the Dark Knight

Batman tidak selalu menarik di box office dunia dibandingkan dengan pahlawan super lain seperti Spider-Man. Namun, film Batman: the Dark Knight rupanya bukan film Batman biasa. Pencapaiannya di box office seluruh dunia adalah sesuatu yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah waralaba ini. Film mencatat pendapatan kotor sebesar 1,005 miliar AS atau sekitar Rp 14,8 triliiun di seluruh dunia.

7. Dead Man's Chest

Daya tarik film Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest langsung terlihat. Film memulai box office-nya pada Juli 2006. Perjalanannya sangat kuat sampai mencetak pembukaan domestik terbesar di box office domestik. Film yang dibintangi Jack Sparrow menghasilkan 1,066 miliar dolar AS atau Rp 15 triliiun di seluruh dunia. Hasil ini sekaligus merupakan pertama kalinya bagi film Disney bisa memecahkan angka 1 miliar dolar AS di seluruh dunia.

8. The Lord of the Rings: the Return of the King

Film The Lord of the Rings: the Return of the King berhasil meraup 1,140 miliar dolar AS atau setara Rp 16,1 triliun di seluruh dunia yang merupakan  jumlah mengesankan di sejumlah level. Capaian itu menjadikannya sebagai film kedua dalam sejarah yang meraup 1 miliar lebih dolar AS di seluruh dunia, setelah Titanic. Padanal anggaran film hanya sebesar 94 juta dolar AS. Pada level lain, The Lord of the Rings: the Return of the King menegaskan kembali betapa pentingnya penonton di seluruh dunia dalam kancah film abad ke-21.

9. Avatar

Film Avatar menjadi raja baru dunia perfilman pada tahun 2000-an. Dengan pendapatan kotor 2,744 miliar dolar AS atau Rp 38 triliun di seluruh dunia, Avatar melampaui Titanic menjadi film terbesar tahun 2000-an dan dalam semua sejarah sinematik.

Efek visual inovatif dan teknologi tiga dimensi digital biasanya digunakan untuk film konser dan animasi anak-anak. Namun Avatar bisa menyajikannya dengan apik sehingga menawarkan beberapa hal baru untuk membuat kagum penonton.

Jumlah box office Avatar masih tercatat sebagai yang patut diperhatikan oleh standar box office modern. Ini tercermin dari bagaimana film lain membutuhkan satu dekade penuh untuk melampaui totalnya di seluruh dunia. Avengers: Endgame nyaris melampaui Avatar pada Juli 2019, namun pencapaian box office Avatar masih tetap luar biasa.

10. Harry Potter and the Sorcerer's Stone

Film ini menjadi sebuah waralaba yang menghasilkan total 9,2 miliar dolar AS atau Rp 130 triliiun di seluruh dunia. Tentu saja, ini bisa dikaitkan dengan popularitas buku Harry Potter. Sumber materi cerita telah memikat anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia.

Mereka sangat ingin mengunjungi Hogwarts di layar lebar untuk pertama kalinya. Capaian ini membuat film mampu menghasilkan pendapatan kotor box office yang tetap tak tertandingi sampai film terakhirnya, Harry Potter and the Deathly Hallows 2 pada 10 tahun kemudian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA