Kamis 03 Dec 2020 16:41 WIB

BGR Logistics Gandeng BRI dan Mandiri Beri Akses Modal UMKM

Akses permodalan ini untuk klaster UMKM Warung Makan.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Akses modal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (ilustrasi)
Foto: www.inilahjabar.com
Akses modal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bhanda Ghara Reksa (BGR Logistics) bersinergi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk memberikan akses permodalan untuk klaster UMKM Warung Makan. Fitur 'WP Fund' dapat digunakan oleh mitra Warung Pangan untuk mendapatkan pinjaman atau pembiayaan modal kerja yang dapat dipergunakan untuk menjalankan usaha warungnya. 

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementrian BUMN, Loto S Ginting menyampaikan menyampaikan bahwa fitur WP Fund ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan BUMN terhadap pengembangan UMKM.

Baca Juga

"Sehubungan dengan besarnya dampak Covid-19 pada UMKM dan memperhatikan peranan UMKM yang strategis dalam perekonomian Indonesia, nampaknya diperlukan kolaborasi dalam upaya mendukung bangkitnya UMKM, tidak hanya antar BUMN tetapi juga meliputi Kementerian, Lembaga, otoritas, akademisi, dan stakeholders lainnya," ujar Loto, Kamis (3/12).

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementrian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit menjelaskan pandemi Covid-19 bagi UMKM berdampak pada penurunan permintaan, kendala dalam pemasaran dan kesulitan bahan baku.

Berdasarkan survey Mandiri Institute yang dilakukan terhadap UMKM pada bulan Agustus – September 2020 menyatakan 67 persen UMKM menggunakan kanal daring dalam promosi dan penjualan dan bertahan lebih lama dalam menghadapi pandemi ini. Pemerintah telah berupaya melakukan berbagai intevensi untuk Pemulihan Ekonomi Nasional, dari mulai restrukturisasi kredit, keringanan pajak hingga Banpres Produktif untuk usaha mikro. Hal ini telihat bahwa ada perbaikan pertumbuhan ekonomi dari minus 5,32 persen menjadi minus 3,48 persen.

"Diharapkan pertumbuhan ekonomi akan semakin membaik seiring dengan program pemulihan ekonomi nasional yang sudah berjalan," ujarnya.

Sementara Ashraf Farahnaz mengungkapkan dukungan Bank Mandiri pada program pembiayaan berbasis platform digital bagi Mitra Warung Pangan BGR Logistics ini dilatarbelakangi oleh keinginan perseroan untuk mengakselerasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penguatan permodalan UMKM dengan mekanisme yang mudah dan handal.

“Selain dengan pemanfaatan fitur WP FUND pada aplikasi Warung Pangan untuk mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai tambahan modal, Mitra Warung Pangan juga akan mendapatkan kemudahan persyaratan pengajuan agar cepat mendapatkan approval,” kata Ashraf. 

Dia mencontohkan, mitra Warung Pangan yang akan mengajukan KUR Mikro dan KUR Kecil hanya dipersyaratkan mempunyai usaha produktif yang telah berjalan cuma 6 bulan. Sedangkan mitra pemohon produk KUR super mikro yang memiliki lama usaha kurang dari 6 bulan cukup memenuhi salah satu persyaratan yang dapat dilihat di menu 'WP Fund' Bank Mandiri pada Aplikasi Warung Pangan.

“Bahkan, mitra Warung Pangan yang sudah menggunakan fasilitas KUR Mandiri di luar aplikasi Warung Pangan, masih dapat mengajukan fasilitas KUR Mandiri di fitur 'WP Fund' aplikasi Warung Pangan,” lanjut Ashraf.

Menurutnya, sinergi antar BUMN ini akan berdampak positif terutama pada pencapaian target penyaluran KUR Bank Mandiri tahun ini, yaitu sebesar Rp 24,5 triliun. Untuk itu, sejumlah strategi telah disiapkan untuk dieksekusi, antara lain bersinergi dengan perusahaan yang merupakan nasabah/debitur di segmen wholesale Bank Mandiri yang bergerak di sektor produktif. 

Direktur Keuangan & SDM BGR Logistics, Irma Sulistyowati menjelaskan BGR Logistics melalui aplikasi Warung Pangan berperan sebagai media yang membantu para Mitra Warung Pangan untuk mendapatkan KUR langsung dari Bank Mandiri dan Bank BRI sehingga mitra dapat terbantu untuk mengembangkan usaha warungnya.

"Dengan ini, Mitra Warung Pangan dimudahkan untuk mendapatkan KUR Bank Mandiri dan Bank BRI sehingga usaha warungnya dapat dioptimalkan lagi. Dengan KUR ini, selain dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warungnya, maka para mitra juga dapat menggunakannya untuk berbelanja kebutuhan pangan di aplikasi Warung Pangan yang kemudian akan mereka jual kepada masyarakat," tegas Irma.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement