Kamis 03 Dec 2020 11:05 WIB

Pembangunan Flyover Kopo Dimulai Tahun 2021

Proyek flyover di Jalan Kopo, Bandung sedang memasuki proses lelang.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Edi Yusuf/Republika
Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengungkapkan pembangunan flyover Kopo yang merupakan program pemerintah pusat direncanakan akan dimulai pada 2021. Ia melanjutkan, pembangunan flyover Jalan Jakarta-Jalan Supratman dan Jalan Laswi-Jalan Gatot Subroto yang dikelola provinsi Jabar akan selesai akhir 2020.

"Insya Allah (flyover) Kopo kemarin sudah ada kesepakatan dari Kementerian, mudah-mudahan tahun ini selesai (flyover) jalan Jakarta dan Jalan Laswi, tahun depan mulai pembangunan," ujarnya di Bandung, Kamis (3/12).

Baca Juga

Khusus untuk flyover Jalan Jakarta dan Jalan Laswi, ia melanjutkan pihaknya sudah rapat dengan Dishub dan Satlantas Polrestabes Bandung membahas uji coba rekayasa lalu lintas di jalur tersebut. Menurutnya, hari ini akan ditentukan pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas.

"Laporan dari Dishub ke Mang Oded, hari ini akan memprogres dari rapat kemarin. Kan dibutuhkan rekayasa sudah dibahas kemarin secara teknis dan sekarang mau memfikskan," katanya.

Sebelumnya, proyek pembangunan flyover atau lintas atas di Jalan Kopo, Bandung sedang memasuki proses tahap lelang. Proyek yang dipegang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masuk dalam program strategis nasional (PSN) pemerintah pusat.

Oded menjelaskan, pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp 42 triliun untuk kegiatan program strategis nasional. Salah satu program yang dikerjakan yaitu proyek lintas atas dengan total nilai anggaran Rp 800 miliar.

"Kalau enggak salah, ini PSN yang jumlahnya Rp 42 triliun, itu salah satunya flyover sekitar Rp 800 miliar. Saya lihat DPA-nya mudah-mudahan ini terlaksana," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement