Kamis 03 Dec 2020 09:10 WIB

Pemkab Garut Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia

AKI merupakan penghargaan bidang kebudayaan yang diberikan Kemendukbud

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara simbolis menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2020 dari Kemendikbud di Pendopo Garut, Selasa (2/12).
Foto: Dok Diskominfo Garut
Bupati Garut, Rudy Gunawan, secara simbolis menerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2020 dari Kemendikbud di Pendopo Garut, Selasa (2/12).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT--Kabupaten Garut meraih penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kabupaten Garut menjadi salah satu dari lima daerah yang menerima penghargaan itu. 

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dari negara kepada seluruh warganya, terutama para pegiat seni, adat istiadat, dan kebudayaan. “Tentu penghargaan ini bukan untuk diri saya sebagai bupati. Penghargaan ini merupakan bentuk penghormatan kepada seluruh warga Garut,” kata dia melalui keterangan resmi, Rabu (2/12).

Ia menjelaskan, penghargaan itu didapatkan dari hasil tersebut kolaborasi dan sinergiatas yang baik antarinsan kebudayaan yang dikoordinasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut. Hasilnya, kebudayaan, kesenian, hingga, hingga adat-istiadat, menjadi sesuatu yang bisa dihadirkan untuk memperkuat pariwisata Kabupaten Garut.

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Judi Wahjudin mengatakan, para penyelenggaraan AKI Tahun 2020, pihaknya menerima usulan dari 331 pemerintah daerah. Namun, setelah dilakukan verifikasi, hanya 5 dareah yang dinilai berhak mendapatkan penghargaan. "Alhamdulillah Kabupaten Garut menjadi salah satu penerima Anugrah Kebudayaan Indonesia," kata dia.

Pemberian penghagaan ini dapat dimaknai dari dua sisi. Pertama adalah sebagai apresiasi kepada warga di Kabupateb Garut. Kedua, penghargaan ini harus menjadi tantangan atau peluang bagi Kabupaten Garut. “Peluangnya anugerah ini bisa menjadi semangat-giroh atau spirit di masa pandemi untuk para pelaku budaya seperti pelaku seni budaya, cagar budaya, permuseuman dan lain-lain. Ini bisa disinergikan dengan lintas kementerian yang selama ini sering dilaksanakan di Garut,” kata dia.

AKI sendiri merupakan penghargaan yang diberikan secara rutin dari Kemendikbud untuk individu, komunitas, lembaga, dan pemerintah daerah, yang telah berdedikasi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Pada 2020, pemerintah daerah yang mendapatkan penghargaan di antaranya Kabupaten Garut, Kabupaten Purwakarta, dan Yogyakarta.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement