Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Peran Enterprise Architect dalam Penulisan Tugas Akhir

Kamis 03 Dec 2020 08:08 WIB

Red: Irwan Kelana

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa) bersama Prodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI menggelar workshop bertema Peran Enterprise Architect dalam Penulisan Tugas Akhir.

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa) bersama Prodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI menggelar workshop bertema Peran Enterprise Architect dalam Penulisan Tugas Akhir.

Foto: Dok UBSI
Kegiatan ini  sangat membantu mahasiswa yang akan melaksanakan Tugas Akhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi (Himasa) bersama Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Teknik dan Informatika kampus Universitas Bina Sarana Informatika (FTI UBSI) telah menyelenggarakan Workshop Enterprise Architect dengan mengusung tema ‘Peran Enterprise Architect dalam Penulisan Tugas Akhir’ beberapa waktu lalu. Acara itu diadakan secara daring melalui Zoom cloud meetings.

Workshop yang dipandu oleh Yeni Permata Sari menghadirkan pemateri Yohanna Natasha dan Nur Annisa Andini selaku anggota Himasa Kampus UBSI. Kegiatan itu diikuti oleh puluhan mahasiswa semester tiga dan lima Prodi SIA Kampus UBSI.

Yohanna menguraikan apa itu UML. UML merupakan kependekan dari Unified Modelling Language yakni bahasa standar untuk memisualisasikan, menentukan, membangun, dan mendokumentasikan artefak intensif perangkat lunak.

“UML dapat digunakan sebagai alat komunikasi dalam pengembangan sistem dalam sebuh tim maupun dengan stakeholder,” kata Yohana dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Nur Annisa Andini memaparkan materi mengenai praktik penggunaan software Enterprise Architect dalam pembuatan diagram sesuai dengan studi kasus ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pembayaran Biaya Sekolah’ yang diangkat dari studi kasus Tugas Akhir salah satu mahasiswa kampus Universitas Bina Sarana Informatika.

“Sparx systems Enterprise Architect yakni alat pemodelan dan desain visual yang didasarkan pada OMG UML. Platform ini mendukung desain dan konstruksi sistem perangkat lunak, memodelkan proses bisnis dan memodelkan domain berbasis industri,” papar Annisa.

Selain itu, Annisa mengatakan bahwa platform ini digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk tidak hanya memodelkan arsitektur sistem, tetapi untuk memproses implementasi model ini diseluruh siklus hidup pengembangan aplikasi.

“Acaranya bagus, sangat membantu saya yang akan memasuki semester VI serta melaksanakan Tugas Akhir. Terima kasih kepada Himasa  kampus UBSI yang telah mengadakan kegiatan ini,” ungkap Lilis Karwati,  mahasiswa semester lima dari Kampus UBSI Bekasi.

Nur Annisa Andini mengatakan bahwa kegiatan ini memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Tugas Akhir.  Sebagaimana diketahui tidak semua mahasiswa mengetahui adanya software Enterprise Architect yang dapat memudahkan mahasiswa melakukan pemodelan sistem.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA