Kamis 03 Dec 2020 06:23 WIB

Cryptocurrency Facebook Ganti Nama Jadi Diem

Cryptocurrency Facebook Ganti Nama Jadi 'Diem', Apa Maknanya?

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Cryptocurrency Facebook Ganti Nama Jadi 'Diem', Apa Maknanya?. (FOTO: REUTERS/Dado Ruvic)
Cryptocurrency Facebook Ganti Nama Jadi 'Diem', Apa Maknanya?. (FOTO: REUTERS/Dado Ruvic)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Setelah beredar kabar soal waktu peluncuran, mata uang kripto Facebook 'Libra' kabarnya akan berganti nama menjadi 'Diem'. Mengapa demikian?

Mengutip Reuters, Rabu (2/12/2020), perubahan identitas itu merupakan upaya Facebook supaya mengantongi izin peluncuran dari regulator. Sebab, rencana proyek cryptocurrency Facebook pada April 2019 tak mendapat sambutan baik dari para regulator dan bank sentral di sejumlah dunia.

"Perubahan nama itu bagian dari langkah penekanan struktur yang lebih sederhana," ujar CEO Asosiasi Diem, Stuart Levey.

Baca Juga: Yuan Digital Mau Geser Dominasi Dolar Amerika, Bisa Gak Ya?

Baca Juga: 3 Kelebihan Mobil Pintar bagi Para Eksekutif Muda

Apa arti 'Diem'? Berasal dari bahasa Latin, Diem bermakna hari. Tujuan awal Diem adalah merilis koin digital yang mendapat dukungan dolar Amerika Serikat (AS).

Levey berujar, "Nama sebelumnya (Libra) terikat pada iterasi awal proyek yang tak mendapat sambutan hangat dari regulator. Kami telah mengubah itu."

Sayangnya, Levey menolak mengungkapkan rincian waktu peluncuran. Namun, Financial Times melaporkan kalau Diem bisa saja mengudara pada Januari.

Meski berganti nama, Facebook masih tetap tergabung dalam Asosiasi Diem--bersama 27 anggota lain yang juga terdiri dari perusahaan-perusahaan besar.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement