Rabu 02 Dec 2020 15:07 WIB

Liverpool Kalahkan Ajax, Klopp: Pertandingan Luar Biasa

Liverpool lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup D.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: AP/Paul Ellis/Pool AFP
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp merasa kemenangan 1-0 atas Ajax Amsterdam dalam pertandingan Liga Champions, Rabu (2/12) dini hari WIB seperti salah satu malam terbesar sejak ia mengambil alih the Reds pada 2015. Liverpool lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup D.

Klopp kehilangan beberapa pemain kuncinya karena cedera, seperti Alisson Becker, Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Trent Alexander-Arnorld. Keadaan tersebut diakui Klopp tak banyak yang bisa membuat dirinya tersenyum.

Baca Juga

Tetapi gol pertama gelandang 19 tahun Curtis Jones serta kinerja bagus kiper Caoimhin Kelleher yang melakukan debutnya di kompetisi ini membuat Liverpool meraih tiga poin. Posisi puncak semakin jelas setelah Atalanta bermain imbang 1-1 melawan Midtjylland.

"Tanpa suporter, itu (kemenangan) terpenting, paling sulit, paling luar biasa. Pertandingan yang luar biasa, luar biasa, saya sangat bangga,” kata Klopp dilansir dari BBC.

Kelleher hanya bermain tiga pertandingan di Piala Carabao dan satu laga di Piala FA. Dia melakukan penyelamatan luar biasa terhadap usaha Klass-Jan Hutelaar menyamakan kedudukan pada akhir pertandingan. Klopp juga memuji bek kanan Neco Williams yang memberikan assist untuk gol Jones.

Para pemain mampu memasukkan dirinya ke dalam permainan. Dan Jones adalah pemain luar biasa sehingga Klopp sangat bangga atas penampilannya. Klopp menilai pemain muda ini adalah anak baik dan ia senang bisa memilikinya.

Klopp mengambil sisi positif dari banyaknya pemain senior yang cedera. Menurutnya terkadap situasi tersebut membuka peluang pemain lain menunjukkan kemampuannya. Mereka pun telah mengambil kesempatan itu.

"Saya benar-benar berpikir Adrian telah melakukan pekerjaan yang fantastis untuk kami, tetapi kami membutuhkan kemampuan bermain sepak bola alami dari Caoimhin Kelleher. Dia juga seorang kiper yang baik,” jelas Klopp.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement