Rabu 02 Dec 2020 06:54 WIB

Prodi S-3 Ilmu Kimia Unhas Raih Akredtasi A

Prodi S3 ilmu kimia Unhas yang berusia 18 tahun selama ini berstatus akreditasi B.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah
Dekan Fakultas MIPA Unhas, Dr Eng Amiruddin, MSi
Foto: Unhas
Dekan Fakultas MIPA Unhas, Dr Eng Amiruddin, MSi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program studi doktor (S3) ilmu kimia, yang dikelola oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Hasanuddin (Unhas), berhasil meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi S3 ilmu kimia Unhas yang berusia 18 tahun selama ini berstatus akreditasi B.

Dekan Fakultas MIPA Unhas, Amiruddin mengungkapkan rasa bahagia atas capaian ini. Capaian Akreditasi A saat ini merupakan hasil dari kerja sama semua pihak dalam rangka komitmen mencapai kualitas akademik yang tinggi.

Baca Juga

"Kami memang berusaha semaksimal mungkin memenuhi standar akreditasi yang disyaratkan BAN PT.  Selama ini, kami sebenarnya telah memiliki dasar yang kuat dalam hal kualitas akademik. Tinggal menunjukkan bukti melalui pengisian borang secara sistematis," kata Amiruddin, dalam keterangannya, Selasa (1/12).

Sebagaimana fakultas lainnya di lingkungan Unhas, Fakultas MIPA menerapkan sistem pelaksanaan penjaminan mutu yang ketat. Selain memenuhi kualifikasi proses akademik, tidak kalah penting adalah dukungan dari fasilitas, terutama fasilitas laboratorium.

"Kami mempunyai beberapa laboratorium yang saat ini sedang dalam proses untuk akreditasi.  Peralatan yang dimiliki oleh laboratorium kami dilengkapi dengan peralatan yang baru, sehingga mendukung proses penelitian dosen dan mahasiswa," ujar dia lagi.

Salah satu pihak yang berperan penting dalam pemenuhan standar akreditasi kali ini adalah stakeholder pengguna, yaitu dunia kerja yang memanfaatkan sumber daya manusia alumni program S3 ilmu kimia Unhas. Pengguna alumni tersebar dari berbagai instansi pemerintah dan swasta, seperti Balai Pemantauan Pemanfaatan Hutan Produksi (BPPHP), Dinas Pertanian, serta dunia industri.

"Pengguna alumni kami mengakui bahwa kurikulum yang dibangun pada prodi S3 Ilmu Kimia Unhas sangat relevan dengan kebutuhan dunia kerja.  Hal ini memberi nilai tambah dalam penilaian asesor," ujar dia.

Program Studi Doktor Ilmu Kimia Unhas didukung oleh 19 staf pengajar lulusan berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Program ini juga didukung instrumen analisis dan karakterisasi yang modern, fasilitas komputasi, perpustakaan dan beberapa alat instrument seperti IR, GC-MS, XRD, XRF, ICP, LC-MS sehingga mampu menghasilkan output penelitian yang berkualitas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement