Rabu 02 Dec 2020 06:13 WIB

Porto Damping City ke 16 Besar, Marseille Akhirnya Menang

Porto dipastikan mendampingi Manchester City ke babak 16 besar.

Laga Manchester City vs Porto.
Foto: EPA-EFE/ESTELA SILVA
Laga Manchester City vs Porto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Porto dipastikan mendampingi Manchester City ke babak gugur ketika Marseille memetik kemenangan perdana mereka di Liga Champions musim ini.

Salam rangkaian laga putaran kelima Grup C yang berlangsung, Rabu (2/12) dini hari WIB, Porto yang menjamu City di Stadion Dragao, berhasil memetik satu poin setelah menahan imbang tamunya itu dengan skor nirgol, kendati terus berada di bawah tekanan hampir sepanjang laga.

Baca Juga

Statisitik laman resmi UEFA mencatat City mendominasi sedikitnya 68 persen penguasaan bola di pertandingan itu dan melepaskan tak kurang dari 18 percobaan tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran.

Kiper tuan rumah Agustin Marchesin dipaksa melakukan sedikitnya lima penyelamatan gemilang untuk mencegah gawang Porto kebobolan dari sejumlah situasi berbahaya yang terus diciptakan Phil Foden dkk.

Marchesin memang sempat terperdaya pada menit ke-37 ketika gagal mengantisipasi tembakan Raheem Sterling, tetapi bek sayap Zaidu Sanusi menjelma jadi pahlawan ketika menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ke-80, Marchesin kembali takluk ketika bola tepisannya disambar langsung oleh Gabriel Jesus di muka gawang, tetapi gol City itu kemudian dianulir karena Rodri Hernandez terjebak offside dalam proses setelah wasit Bjorn Kuipers berkonsultasi dengan VAR.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Velodrome, Prancis, tuan rumah Marseille akhirnya memetik kemenangan perdana mereka di Liga Champions musim ini dengan menundukkan Olympiakos 2-1.

Olympiakos yang tengah berusaha membesarkan asa meraih tiket babak 16 besar memimpin lebih dulu pada menit ke-33 melalui tembakan keras Mohamed Camara yang tak memberi kesempatan kiper Steve Mandanda melakukan penyelamatan.

Keunggulan itu raib pada menit ke-55 ketika Dimitri Payet mengkonversi tendangan penalti setelah Pape Cisse melanggar Florian Thauvin.

Marseille kembali memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-73 setelah wasit Jesus Gil Manzano berkonsultasi dengan VAR terkait insiden pelanggaran handball Rafinha di dalam area terlarang.

Payet kembali menghadapi bola dan dengan tenang melesakkannya ke pojok kanan atas gawang tak terjangkau upaya hadangan kiper Jose Sa demi membalikkan keadaan.

Hasil itu memang tak mempengaruhi peluang Marseille yang sudah dipastikan tak akan lolos ke babak 16 besar, tetapi tiga poin yang mereka miliki di dasar klasemen Grup C bisa menjadi modal untuk meraih tiket lungsuran ke babak gugur Liga Europa.

Di atas kertas, Marseille punya keuntungan "hanya" menjamu Porto di laga pemungkas Rabu (9/12) pekan depan, dibandingkan Olympiakos yang harus bertandang ke Etihad menghadapi City.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement