Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Liverpool Menang Tipis dari Ajax

Rabu 02 Dec 2020 05:14 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ratna Puspita

Curtis Jones mencetak gol kemenangan Liverpool ke gawang Ajax pada menit ke-58.

Curtis Jones mencetak gol kemenangan Liverpool ke gawang Ajax pada menit ke-58.

Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Kemenangan ini mengokohkan posisi The Reds di puncak klasemen Grup D dengan 12 angka.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool sukses menang tipis 1-0 dari Ajax dalam matchday 5 Grup D Liga Champions pada Rabu (2/12) dini hari WIB di Anfield. Curtis Jones jadi pencetak gol semata wayang di laga tersebut.

Pada 10 menit babak pertama, kedua tim terlibat aksi jual beli serangan. Curtis Jones dan Wijnaldum mengawali peluang Liverpool. Sedangkan Ajax mencipta peluang dari Perr Schuurs.

Baca Juga

Pada 20 menit berikutnya, the Reds dan Ajax masih menunjukkan determinasi tinggi. Persaingan ketat di Grup D membuat pemenang laga ini berpeluang lebih besar ke fase penyisihan. Oleh Karenanya, Antony dan Noussair Mazraoui berikhtiar menjebol jala Kelleher lebih keras.

Sedangkan trio Mohamed Salah-Sadio Mane-Diogo Jota juga belum membuahkan hasil hingga menit ke-40. Padahal ketiganya disuplai lini tengah dan bek sayap mumpuni.

Schuurs diganjar kartu kuning oleh wasit karena pelanggaran berat di menit ke-42. Pasukan Jurgen Klopp gagal menjebol jala tim tamu hingga turun minum meski jelang peluit berbunyi Mane dan Robertson membuat peluang.

photo
Pemain Liverpool Mohamed Salah (tengah) berebut bola dengan dua pemain Ajax, Daley Blind (kiri) dan Edson Alvarez. - (EPA-EFE/Jon Super )
Babak kedua diawali oleh episode serangan the Reds yang digawangi Mane. Ajax membalasnya lewat sundulan Davy Klaassen hasil umpan silang di menit ke-50.

Setelah beradu kuat cukup lama, kebuntuan pecah di menit ke-58. Liverpool unggul berkat tembakan Curtis Jones dari sebelah kiri ke arah tengah gawang. Assist oleh Neco Williams melalui umpan silang.

Gol pertama membuat semangat Salah dkk makin meningkat. Mereka terus menggedor pertahanan Ajax. Pasukan Erik ten Hag juga tak ogah kendor karena ingin menyamakan skor.

Pada menit ke-68, Roberto Firmino masuk menggantikan Diogo Jota. Semenit berselang, giliran Ajax memainkan Zakaria Labyad untuk mengganti Edson Álvarez.

Laga makin berlangsung intens. Wijnaldum sampai dihadiahi kartu kuning karena melakukan pelanggaran berat di menit ke-70. Selanjutnya pada menit ke-81, Lassina Traoré menggantikan David Neres karena cedera.

Pada menit ke-83, tembakan Firmino dari bagian tengah kotak penalti masih bisa diselamatkan. Peluang Mane dan Salah semenit kemudian juga kandas.

Ajax coba ubah permainan dengan memasukkan Klaas Jan Huntelaar dan Lisandro Martínez. Huntelaar sempat coba mencetak gol tapi masih gagal dari sundulan kepala di menit ke-88.

Pada masa injury time, Mane dan Henderson dihadiahi kartu kuning karena pelanggaran berat. Kemenangan the Reds tak berubah hingga peluit akhir berbunyi. 

Kemenangan ini mengokohkan posisi The Reds di puncak klasemen Grup D dengan 12 angka. Ajax harus turun ke posisi ketiga dengan tujuh angka. 

Meski bermain imbang melawan Midtjylland, Atalanta naik ke posisi kedua dengan 8 angka. Bagi Midtjylland berhasil meraih poin perdana meski masih harus berada di posisi juru kunci. 

Hasil Liga Champions Rabu (2/12) dini hari WIB

Grup A

Atletico Madrid vs Bayen Muenchen 1-1 

Lokomotiv Moskow vs RB Salzburg 1-3 

Grup B

Shakhtar Donetsk vs Real Madrid 2-0 

Bayern Moenchengladbach vs Inter Milan 2-3 

Grup C

Marseille vs Olympiakos 2-1

Porto vs Manchester City 0-0

Grup D 

Atalanta vs Midtjylland 1-1

Liverpool vs Ajax 1-0

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA