Selasa 01 Dec 2020 17:34 WIB

BTS Catat Rekor Lewat Life Goes On di Tangga Lagu Global 200

Life Goes On BTS adalah lagu kedua yang masuk puncak tangga lagu Global 200.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
 Anggota boy band Korea Selatan
Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL
Anggota boy band Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — BTS terus mencetak sejarah dengan mengambil alih tangga lagu global Billboard. Billboard meluncurkan bagan Billboard Global 200 dan Billboard Global Excl pada September lalu.

Tangga lagu AS, dua tangga lagu yang memberi peringkat lagu paling populer secara global. Kedua bagan tersebut didasarkan pada data penjualan dan streaming dari lebih dari 200 wilayah.

Baca Juga

Peringkat ditentukan formula berbobot yang menggabungkan aliran resmi saja pada tingkat langganan, dan yang didukung iklan dari platform digital terkemuka dengan unduhan dari pengecer musik daring besar di sekitarnya.

Pada grafik Global 200 pada 5 Desember, BTS lewat lagu Life Goes On menempati posisi No. 1 dengan 152,5 juta streaming dan 84 ribu unduhan terjual secara global dalam minggu yang berakhir pada 26 November. Data itu adalah total streaming terbesar sejak grafik dimulai, melampaui Blackpink yang memegang rekor sebelumnya lewat Lovesick Girls dengan 123,8 juta streaming (17 Oktober).

BTS adalah artis pertama yang memenangkan tiga Global 200 No. 1 sejak sebelumnya menduduki puncak tangga lagu itu dengan Dynamite selama tiga minggu dan kolaborasi remix Savage Love (Laxed - Siren Beat) ft. Jawsh 685 dan Jason Derulo.

Life Goes On BTS adalah lagu selanjutnya yang menduduki puncak tangga lagu Global 200 dan dinyanyikan sebagian besar dalam bahasa selain bahasa Inggris. Dynamite menempati posisi No. 3 di chart Global 200, dan Blue & Grey BTS juga menduduki chart No. 9 dengan 26,8 juta streaming dan 87 ribu unduhan global. Jumlah unduhan adalah yang tertinggi di antara semua lagu dalam minggu pelacakan. Ketiga lagu yang berada di tangga lagu tersebut adalah bagian dari album baru BTS BE.

Dilansir Soompi pada Selasa (1/12), berikut Top 10 Global 200:

1 "Life Goes On" BTS

2 "Dakiti" Bad Bunny & Jhay Cortez

3 "Dynamite" BTS

4 "Monster" Shawn Mendes & Justin Bieber

5 "Mood" 24kGoldn ft. iann dior

6 "Positions" Ariana Grande

7 “Therefore I Am” Billie Eilish

8 "Hawái" Maluma

9 "Blue & Grey" BTS

10 "Lemonade" Internet Money & Gunna ft. Don Toliver & NAV

Life Goes On milik BTS juga menduduki puncak Global 200 Excl. Tangga lagu AS dengan 137,8 juta streaming dan 42 ribu unduhan terjual di wilayah di luar AS dalam pekan yang berakhir pada 26 November.

BTS adalah musisi pertama yang menempatkan dua lagu di chart Global 200 Excl. Posisi No. 1 ditempati Life Goes On dan No. 2 Dynamite, yang  sebelumnya menduduki puncak chart selama lima minggu.

Grup K-Pop itu juga merupakan artis pertama yang menempati dua posisi teratas chart sekaligus. Berikut 10 teratas The Global 200 Excl:

1 "Life Goes On" BTS

2 "Dynamite" BTS

3 "Dakiti" Bad Bunny & Jhay Cortez

4 "Monster" Shawn Mendes & Justin Bieber

5 "Mood" 24kGoldn ft. iann dior

6 "Positions" Ariana Grande

7 "Hawái" Maluma

8 "Therefore I Am" Billie Eilish

9. "Bichota" Karol G

10. "Prisoner" Miley Cyrus ft. Dua Lipa

Sebelumnya, album baru BTS BE meraih posisi No. 1 di chart Billboard 200. Lagu Life Goes On juga membuat sejarah dengan memasuki chart No. 1 Hot 100 Billboard. Chart Billboard diperbarui minggu ini di situs webnya pada 1 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement