Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Hapus Stigma Negatif ODHA, Bakrie Amanah Gelar Talkshow

Selasa 01 Dec 2020 15:27 WIB

Red: Gita Amanda

Memperingati Hari Aids International yang jatuh pada 1 Desember, Bakrie Amanah bersama Yayasan Aids Indonesia, mulaidarikita dan Ruang Sandi menggelar talkshow membahas berbagai hal tentang HIV AIDS.

Memperingati Hari Aids International yang jatuh pada 1 Desember, Bakrie Amanah bersama Yayasan Aids Indonesia, mulaidarikita dan Ruang Sandi menggelar talkshow membahas berbagai hal tentang HIV AIDS.

Foto: Bakrie Amanah
Di tengah pandemi Covid-19 jangan sampai melupakan epidemologi HIV/AIDS termasuk ODHA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Aids International yang jatuh pada 1 Desember, Bakrie Amanah bersama Yayasan Aids Indonesia, mulaidarikita dan Ruang Sandi menggelar talkshow membahas berbagai hal tentang HIV AIDS. Talkshow ini diselenggarakan secara kombinasi luring dan daring.

Mengambil tempat di Ruang Jasmine, Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (1/12), talkshow dibuka dengan sambutan dari Okder Pendrian mewakili Dewan Pengurus Bakrie Amanah, dilanjutkan oleh Shinta W Kamdani sebagai Wakil Ketua Yayasan Aids Indonesia, dan Asisten Kesra Wali Kota Jakarta Barat, Amin Haji, serta dari Anindhita A. Bakrie mewakili komunitas mulaidarikita.

Dalam sambutannya Okder Pendrian menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Bakrie Amanah terhadap penyakit HIV/AIDS dan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). "Di tengah Covid-19 yang masih menjadi pandemi bagi sebagian besar Negara di dunia, dan sampai saat ini semua negara berjuang untuk mengentaskannya, jangan sampai kita juga melupakan epidemologi HIV/AIDS termasuk perhatian kita kepada ODHA,” jelas Okder dalam siaran pers.

Okder juga menyampaikan bahwa ODHA di Indonesia termasuk berjumlah tinggi, dengan demikian sesuai dengan tema yang diusung perlu terpeliharanya solidaritas global dalam bentuk tanggung jawab sosial bersama.   

Sementara itu Anindhita A. Bakrie, yang lebih dikenal dengan panggilan Ditha menyampaikan dukungannya terhadap kolaborasi peringatan hari AIDS dunia ini untuk menumbuhkan dan memelihara kesadaran masyarakat Indonesia khususnya dalam mengetahui dan memahami penyakit HIV/AIDS termasuk menghapuskan stigma negative yang sering terjadi kepada ODHA.

“Mulai dari Kita, sesuai dengan namanya, “mulaidarikita” memberikan perhatian kepada penyakit HIV/AIDS ini sebagai tanggung jawab sosial bersama, dan dengan talkshow yang melibatkan berbagai lembaga ini semoga menjadi pemelihara akan kesadaran dan perhatian bersama dalam mewaspadai epidemologi HIV/AIDS dengan memahaminya dengan benar sehingga selain dapat melakukan pencegahan kita juga dapat menumbuhkan solidaritas kita kepada para ODHA,” ujar Ditha.  

Baca Juga

photo
Memperingati Hari Aids International yang jatuh pada 1 Desember, Bakrie Amanah bersama Yayasan Aids Indonesia, mulaidarikita dan Ruang Sandi menggelar talkshow membahas berbagai hal tentang HIV AIDS. - (Bakrie Amanah)
 

Talkshow yang dipandu oleh Dimas Akbar, wakil ketua karang taruna DKI Jakarta membahas berbagai topik, mulai dari Definisi HIV & AIDS, ODHA dan sejarah perkembangannya di Indonesia, pencegahan dan penularan, hingga fakta tentang Stigma yang dialami oleh Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) serta cara hidup berdampingan dengan ODHA.

Materi pertama disampaikan oleh dr. David Eka Prasetya SpOG, yang menyampaikan informasi tentang HIV dan AIDS, cara penularan, pencegahan serta perilaku bagaimana seharusnya kita berdampingan dengan penyintas HIV dan AIDS. Dilanjutkan oleh Paquita Widjaja, dari Yayasan Aids Indonesia. Beliau menyampaikan awal mula dan tujuan didirikannya Yayasan AIDS Indonesia, perkembangan HIV & AIDS di Indonesia serta isu HIV dan AIDS yang ada di masyarakat kini serta program penting ke depan untuk HIV/AIDS dan ODHA .

Acara talkshow juga penghadirkan seorang ODHA yang bercerita tentang pengalamannya tentang latar belakang terinfeksi, kondisi saat ini hingga tentang stigma dan diskriminsasi yang pernah dialaminya. Paquita Widjaja, dalam pernyataan penutupnya, menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang masih memberikan perhatian kepada penyakit HIV/AIDS dan ODHA serta berpesan bahwa kegiatan ini jangan sampai hanya sebatas seremonial karena peringatan Hari Aids yang kebetulan diperingati oleh seluruh dunia, namun dapat dilanjutkan dengan berbagai program lanjutan khususnya meliputi edukasi, advokasi terhada penyakit HIV/Aids termasuk kepada ODHA.

“Di masa pandemi kali ini, semua orang merasakan dampak buruk di berbagai aspek, dan hal ini juga diderita oleh banyak ODHA di Indonesia. Mari kita tunjukan solidaritas dan tanggung jawab sosial kita, mulai dari kita,” ujarnya.  

Talkshow di akhiri dengan pemberian cindera mata untuk ketiga narasumber dan cendera mata dari Yayasn Aids Indonesia untuk para nara sumber dan lembaga yang telah berkolaborasi dalam peringatan Hari Aids, serta serah terima donasi secara simbolis dari Bakrie Amanah yang di wakili ibu Aninditha A. Bakrie untuk Yayasan Aids Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA