Selasa 01 Dec 2020 13:20 WIB

Kodam Jaya Turun Gelar Tes Usap di Empat Lokasi Petamburan

Koramil Tanah Abang mengaku, swab bertujuan untuk membantu pemerintah daerah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas mengambil sampel untuk melakukan tes swab (ilustrasi).
Foto: Fakhri Hermansyah/ANTARA
Petugas mengambil sampel untuk melakukan tes swab (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kodam Jaya menggelar tes usap (swab test) cepat antigen di empat lokasi Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (1/11) pagi WIB.

Tes usap cepat antigen merupakan pelaksanaan hari terakhir, setelah sebelumnya dilaksanakan pada Jumat (27/11), Sabtu (28/11), dan Senin (30/11).

"Kita sifatnya membantu pemerintah daerah, dalam hal ini Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dalam penyelenggaraan swab test," ujar Danramil 05/Tanah Abang, Mayor (Arh) Saryono di Jakarta, Selasa.

Lokasi tes usap cepat antigen di Kelurahan Petamburan, di antaranya RPTRA Rusun Petamburan, Lapangan Bola Jalan Gili-Gili, kompleks Perumahan LAN, dan Kost Umar.

Petugas Puskesmas Tanah Abang memulai tes usap cepat antigen sejak pukul 09.00 WIB. Pelaksanaan tes usap cepat antigen dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-71 Kodam Jaya sekaligus Hari Juang Kartika.

Saryono mengatakan, sejak pelaksanaan hari pertama, sebanyak kurang lebih 600 orang memeriksakan kesehatan dirinya. Tidak hanya dari kawasan Petamburan, warga sekitar Bendungan Hilir pun boleh mengikuti tes usap cepat gratis tersebut.

Para warga yang telah mengikuti tes usap, berhak mendapatkan bantuan berupa sembako. Selain itu, prajurit TNI juga melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan warga. Misalnya di RPTRA Petamburan, para prajurit membantu mengecat ulang kawasan tersebut.

"Kerja bakti pengecatan sifatnya hanya kepada pemerintah daerah dan yang warga butuhkan. Misalnya pengecatan, sekolahan pos RW, dan RPTRA, atau gang-gang yang kotor," ujar Saryono.

Hingga saat ini, warga dengan kondisi reaktif Covid-19 masih dalam pendataan. Mereka yang kedapatan hasil reaktif kemudian dilakukan tes usap PCR langsung oleh petugas Puskesmas Tanah Abang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement