Selasa 01 Dec 2020 10:46 WIB

Prospek Positif Vaksin Covid-19, Saham Asia Terdorong Naik

Wall Street melemah pada Senin, didorong oleh penyeimbangan kembali portofolio.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Pasar saham Asia dibuka sedikit lebih tinggi pada Selasa (1/12), didukung oleh prospek vaksin Covid-19.
Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA
Pasar saham Asia dibuka sedikit lebih tinggi pada Selasa (1/12), didukung oleh prospek vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar saham Asia dibuka sedikit lebih tinggi pada Selasa (1/12), didukung oleh prospek vaksin Covid-19. Ini membalikkan penurunan hari sebelumnya karena aksi profit taking investor pada akhir bulan yang memecahkan rekor.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik 0,26 persen pada hari Selasa setelah menutup bulan 9 persen lebih tinggi, terbaik November sejak 2001. Nikkei Jepang dan S & P/ASX 200 Australia masing-masing 0,9 persen lebih tinggi, sementara Korea Selatan naik 1,4 persen.

Kontrak berjangka China 0,36 persen lebih tinggi, menyusul data pada hari Senin yang menunjukkan pemulihan berkelanjutan di ekonomi terbesar kedua di dunia dengan latar belakang pandemi Covid-19.

"Kami telah melihat dengan jelas gelombang besar likuiditas yang datang ke ekuitas sebagai tanggapan terhadap berita vaksin dan sebagai tanggapan terhadap berita pemilu AS," kata Hamish Tadgell, manajer portofolio di SG Hiscock & Company.

"Tapi masih ada risiko, dan sebagai hasilnya kita bisa melihat pasar mundur, saya kira terutama saat kita memasuki periode Natal." tambahnya.

Wall Street melemah pada Senin, sebagian didorong oleh penyeimbangan kembali portofolio, karena investor menguangkan keuntungan setelah bulan yang kuat diselingi oleh pembaruan vaksin Covid-19 dan harapan pemulihan ekonomi yang cepat tahun depan.

"Ada aksi ambil untung di seluruh dunia jadi kita mengakhiri bulan rekor dengan mengambil sedikit istirahat," kata Kepala Strategi Pialang Interaktif Steve Sosnick.

Indeks saham MSCI di seluruh dunia datar. Indeks berjangka Hang Seng Hong Kong turun 0,36 persen, sementara CSI 300 berjangka China naik 0,36 persen.

Di Amerika Serikat, Dow Jones Industrial Average anjlok 0,91 persen pada hari Senin sementara S&P 500 turun 0,46 persen. Nasdaq Composite yang berteknologi berat berakhir turun 0,06 persen.

Moderna Inc mengajukan izin darurat AS untuk vaksin Covid-19 setelah hasil lengkap dari studi tahap akhir menunjukkan 94,1 persen efektif tanpa masalah keamanan yang serius.

"Pasar AS sedikit lebih rendah, itulah yang menahan kami sedikit. Orang-orang cukup optimis untuk tahun 2021 yang baik." kata Chris Weston, kepala penelitian di pialang Pepperstone Melbourne.

Harga minyak sedikit lebih rendah di tengah ketidakpastian tentang apakah produsen minyak utama dunia akan setuju untuk memperpanjang pemotongan produksi dalam pembicaraan minggu ini. Minyak mentah AS turun kembali 11 sen menjadi 45,23 dolar AS per barel pada hari Selasa, sementara minyak mentah berjangka Brent sebagian besar tidak berubah pada 47,86 dolar AS.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement