Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Anak: David Prowse Paling Diingat Sebagai Darth Vader

Selasa 01 Dec 2020 09:44 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor David Prowse, sosok di balik topeng Darth Vader dalam film Star Wars.

Aktor David Prowse, sosok di balik topeng Darth Vader dalam film Star Wars.

Foto: EPA
Anak David Prowse kewalahan membalas komentar baik atas kepergian ayahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemeran Darth Vader di semesta Star Wars, David Prowse, meninggal di usia 85 tahun pada Sabtu. Ucapan belasungkawa dan doa yang mengalir dari berbagai pihak membuat putri mendiang Powse berterima kasih atas hal tersebut.

"Ayah akan sangat senang dengan reaksi kalian semua atas kepergiannya hari ini," kata Rachel Prowse melalui cicitan di akun Twitter-nya.

Baca Juga

"Saya dan seluruh keluarga begitu kewalahan membalas komentar baik dan kenangan lucu kalian bersama Ayah. Terima kasih Twitter untuk mencerahkan hari yang sulit #mtfbwy #DaveProwse," tambah Rachel seperti dikutip dari laman People pada Selasa (1/12).

Dalam unggahan di halaman Facebook-nya, Rachel juga mengonfirmasi bahwa sang ayah telah meninggal dunia setelah mengalami sakit tanpa merinci penyebab pasti. Kabar duka tersebut awalnya diumumkan oleh manajemen dari aktor Inggris tersebut, Thomas Bowington.

"Terima kasih banyak untuk semua orang yang telah mengirimkan cinta dan harapan terbaik mereka kepada saya, ibu, dan saudara laki-laki saya. Itu semua sangat berarti lebih dari yang kalian tahu," kata Rachel.

“Dia memiliki badan bagus yang membantunya mencapai semua hal yang dia ingin lakukan. Dia memiliki tangan dan kaki terbesar yang pernah saya lihat! Ayah juga memiliki basis penggemar yang kuat, dia akan dirindukan oleh banyak orang," tambah Rachel.

photo
Aktor David Prowse, sosok di balik topeng Darth Vader dalam film Star Wars. - (EPA)

Binaragawan yang terjun ke dunia akting itu pernah menerima MBE karena memerankan Green Cross Code Man dalam kampanye keselamatan jalan raya Inggris tahun 1970-an yang ikonik. Ia juga muncul dalam film klasik Stanley Kubrick A Clockwork Orange dan sejumlah film horor Hammer klasik.

Pada 2014, Prowse mengumumkan bahwa dia menderita demensia. Dia juga berjuang melawan kanker prostat. Kabarnya, ia meninggal akibat Covid-19.

"Dia memiliki kehidupan yang luar biasa, bepergian ke seluruh dunia, melakukan hal-hal yang dia sukai terutama bertemu penggemar dan membubuhkan ribuan tanda tangan selama bertahun-tahun. Dia akan senang muncul di berita BBC pagi ini dan menjadi trending di Twitter,” kata Rachel.

"Bagi kita yang tumbuh di tahun 70-an dan 80-an, dia akan paling diingat sebagai Green Cross Code Man dan Darth Vader, penjahat paling jahat dalam sejarah sinematik. Tetapi bagi saya dia akan selalu menjadi ayah,” ungkap Rachel.

Aktor Star Wars Mark Hamill dan Billy Dee Williams termasuk lawan main Prowse yang tak luput memberikan penghormatan kepada pria dibalik topeng Darth Vader itu.

"Sedih sekali mendengar David Prowse meninggal. Dia orang yang baik dan lebih dari Darth Vader. Dia mencintai penggemarnya seperti halnya mereka mencintainya. #RIP,” tulis Hamill di Twitter.

Williams juga menyampaikan kedukaan atas meninggalnya Prowse. "Sangat sedih mendengar David Prowse telah meninggal. Bisa bekerja sama dengannya merupakan hadiah yang luar biasa dan suatu kehormatan memanggilnya sebagai teman,” kata Williams.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA