Selasa 01 Dec 2020 08:02 WIB

Biden Bahas Pandemi dengan Pemimpin Negara Asing

Isu negara di kawasan dan perubahan iklim juga menjadi agenda pembahasan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden.
Foto: EPA-EFE/Robert Deutsch
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden menerima ucapan selamat dari pemimpin-pemimpin negara asing sehari setelah kakinya terkilir saat bermain-main dengan anjingnya. Tim transisi Biden mengatakan, Selasa (1/12), presiden terpilih itu menghabiskan Senin (30/11) sorenya berbicara dengan Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado, Presiden Kenya Uhuru Kenyatta dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Pandemi Covid-19 menjadi agenda utama dalam pembicaraan-pembicaraan tersebut.

Menurut tim transisi Biden, isu kawasan di negara-negara kawasan dan perubahaan iklim masuk dalam pembahasan. Pada Senin kemarin Biden juga menerima Pengarahan Harian Presiden AS untuk pertama kalinya. Pengarahan Harian adalah rangkuman data intelijen rahasia yang diberikan ke presiden terpilih sebelum dilantik.

Baca Juga

Pada Ahad (29/11) Biden sudah berkonsultasi dengan ahli ortopedi. Ia menjalani rontgen serta pemindaian tomografi komputer (CT scan). "Foto rontgen awal meyakinkan tidak terlihat ada tulang yang patah," kata dokter pribadi Biden, Kevin O'Connor.

O'Connor mengatakan selama beberapa pekan Biden mungkin akan mengenakan alat bantu walking boot selama beberapa pekan untuk memulihkan kakinya. Setelah mengalahkan Presiden Donald Trump dalam pemilihan presiden 3 November, Biden akan memasuki Gedung Putih pada 20 Januari mendatang.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement