Selasa 01 Dec 2020 05:26 WIB

Frappart, Wanita Pertama yang Pimpin Laga Liga Champions

UEFA telah menunjuk Stephanie Frappart sebagai wasit laga Juventus vs Dynamo Kiev.

Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stephanie Frappart akan kembali mencetak sejarah di sepak bola Eropa. UEFA telah menunjuk Stephanie Frappart sebagai wasit pertandingan Liga Champions pekan ini. Ia akan memimpin laga Juventus vs Dynamo Kiev di Stadion Allianz, Turin, Kamis (3/12) dini hari WIB, seperti dikutip laman 90min. Penunjukan ini menjadikan Frappart perempuan wasit pertama yang meniup laga Liga Champions.

Frappart sebelumnya sudah membuat sejarah ketika menjadi wasit Piala Super UEFA 2019 antara Chelsea dan Liverpool di Istanbul. Ia jadi perempuan pertama yang meniup laga besar Eropa. Musim ini, Frappart telah menjadi wasit dua pertandingan penyisihan grup Liga Europa antara Leicester City kontra Zorya Luhansk, dan Granada versus Omonia.

Baca Juga

Frappart menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019 di negara asalnya, Prancis, ketika Amerika Serikat menghadapi Belanda. Wanita berusia 36 tahun dari pinggiran kota Paris itu juga menjadi wasit wanita pertama dalam sejarah Ligue 1 ketika dia memimpin pertandingan antara Amiens dan Strasbourg.

Frappart akan dibantu asisten wasit Hicham Zakrani dan Mehdi Rahmouni, sementara Karim Abed turun sebagai ofisial keempat.

Nicole Petignat dari Swiss sebelumnya pernah menjadi pelopor bagi ofisial wanita di kompetisi Eropa, setelah memimpin pertandingan kualifikasi Piala UEFA antara 2004 dan 2009.

Wasit Jerman Bibiana Steinhaus kemudian menjadi wanita pertama yang menjadi wasit pertandingan di salah satu dari lima liga top Eropa ketika dia membuat debutnya di Bundesliga pada 2017.

Roberto Rossetti, kepala wasit UEFA, mengatakan tahun lalu, penunjukan Frappart untuk Piala Super UEFA akan membuatnya menginspirasi ribuan wasit wanita muda di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement