Senin 30 Nov 2020 17:50 WIB

Kembali Raih No 1 Billboard, Rekor BTS Saingi The Beatles?

BTS dengan cepat meraih prestasi di Billboard seperti The Beatles di masanya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Pekan ini menjadi penting bagi sejarah karier boyband K-Pop Bangtan Boys (BTS) (Foto: grup KPop BTS)
Foto: Wikimedia
Pekan ini menjadi penting bagi sejarah karier boyband K-Pop Bangtan Boys (BTS) (Foto: grup KPop BTS)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pekan ini menjadi penting bagi sejarah karier boyband K-Pop Bangtan Boys (BTS), setelah meraih nominasi Grammy Awards yang bersejarah. Grup K-Pop ini baru saja meraih posisi No. 1 kelima kalinya di Billboard 200 dunia.

Billboard secara resmi mengumumkan bahwa album baru BTS 'BE' telah debut No. 1 di chart Top 200 Albums, yakni peringkat mingguan dari album paling populer di Amerika Serikat (AS). Kini, BTS menjadi grup pertama yang menempatkan dua album berbeda di No. 1 di Billboard 200 pada 2020, serta artis kedua secara keseluruhan setelah rapper Amerika, YoungBoy Never Broke Again.

Baca Juga

Selain itu, 'BE' merupakan album kelima BTS masuk tangga lagu di nomor satu. Grup ini menjadi yang pertama bagi artis Korea menduduki puncak Billboard 200 dengan lima album berbeda.

Secara mengesankan, BTS hanya membutuhkan dua tahun dan enam bulan untuk mencapai prestasi tersebut. Prestasi No. 1 BTS dimulai dengan album 'Love Yourself: Tear' pada Juni 2018, diikuti 'Love Yourself: Answer, Map of the Soul: Persona', dan yang terbaru 'Map of the Soul: 7'.

 

Grup terakhir yang memuncaki Billboard 200 dengan lima album berturut-turut dengan begitu cepat adalah The Beatles. Grup band inj mencapai No. 1 sebanyak lima kali antara 30 Juli 1966 dan 28 Desember 1968.

The Beatles juga merupakan grup terakhir yang meraih lima kali No. 1 sangat cepat. Pasalnya, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun lima bulan untuk mencapai prestasi tersebut dari 15 Februari 1964 hingga 10 Juli 1965.

Menurut Billboard, 'BE' memperoleh 242 ribu unit album selama beberapa pekan hingga berakhir pada 26 November. Skor total album terdiri dari 177 ribu penjualan album tradisional, 35 ribu unit album setara lagu (TEA), dan 30 ribu streaming setara album (SEA) unit yang berarti 48,56 juta streaming audio on-demand pada pekan pertama album.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement