Ahad 29 Nov 2020 20:46 WIB

Pesan Jokowi untuk Korpri, SOP yang Panjang Harus Diringkas

Jokowi minta SOP yang panjang diringkas.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Hafil
 Pesan Jokowi untuk Korpri, SOP yang Panjang Harus Diringkas. Foto: Acara puncak HUT Korpri ke-49 BPJS Kesehatan mengapresiasi Kopri sebagai role model penerapan protokol kesehatan.
Foto: BPJS Kesehatan
Pesan Jokowi untuk Korpri, SOP yang Panjang Harus Diringkas. Foto: Acara puncak HUT Korpri ke-49 BPJS Kesehatan mengapresiasi Kopri sebagai role model penerapan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat momentum pandemi Covid-19 adalah peluang bagi Korpri, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk melakukan berbagai pembenahan. Salah satu perbaikan yang Jokowi harap terjadi, antara lain transformasi dari prosedur panjang dan berbelit menjadi lebih ringkas dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. 

"Era pandemi ini momentum sebagian besar birokrasi harus bekerja dari rumah. Mempercepat transformai digital, menjadi aparat birokrasi lebih adaptif dan lebih terampil memanfaatkan teknologi. Dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas," kata Jokowi dalam sambutannya di puncak peringatan HUT ke-49 Korpri, Ahad (29/11).

Baca Juga

Selain itu, Jokowi juga memandang ASN harus segera melakukan reformasi struktural. Bahkan menurutnya hal ini tak bisa ditunda atau ditawar lagi. Ia meminta agar regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja dipangkas dan disederhanakan. Kemudian, kelembagaan pemerintah yang gemuk, tumpang tindih, dan tidak efisien diintegrasikan. Juga jenjang eselonisasi yang panjang harus dipangkas untuk percepat pengambilan keputusan. 

"SOP yang panjang dan kaku harus diringkas. Dan fleksibel, dan berorientasi pada hasil. Konsekuensinya, kompetensi SDM ASN harus menyesuaikan. Mindsetnya harus goal oriented. Berorientasi hasil. Memberikan kesempatan kepada yang terampil dan ahli, walau masih junior untuk tampil di depan," kata Jokowi lagi. 

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga memberi apresiasi kepada anggota Korpri di seluruh Indonesia yang tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat meski ruang gerak terbatas pandemi Covid-19. Menurutnya, pengabdian anggota Korpri di pelosok negeri menjadi motor pembangunan sekaligus penyampai pesan tentang prioritas program pembangunan kepada masyarakat. 

"Saya ajak seluruh anggota korpri untuk jadi bagian penting dari proses perubahan besar-besaran yang sedang kita lakukan," kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement