Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Indonesia Libas Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Sabtu 28 Nov 2020 22:27 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Laga Kualifikasi FIBA, Thailand vs Indonesia.

Laga Kualifikasi FIBA, Thailand vs Indonesia.

Foto: Tangkapan Layar
Indonesia merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A

REPUBLIKA.CO.ID, MANAMA -- Timnas Basket Indonesia akhirnya menorehkan kemenangan perdana dalam babak kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Tim besutan Rojko Toroman itu sukses menghempaskan perlawanan Thailand, 76-90, dalam window kedua Grup A babak kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Sabtu (28/11) malam WIB. 

Dengan hasil dari laga yang digelar di Manama, Khalifa Sports City, Bahrain, tersebut, Indonesia merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A, dengan rekor, 1-2. Dalam laga tersebut, Abraham Damar Grahita dan Brandon Jawato mampu menjadi aktor utama kemenangan timnas Indonesia.

Baca Juga

Kedua pemain ini sama-sama mencetak 22 poin. Buat Jawato, laga ini menjadi laga yang istimewa lantaran menjadi debutnya memperkuat timnas Indonesia. Sementara debutan lainnya di timnas Indonesia, Lester Prosper, juga mampu tampil cukup apik. Prosper mampu mencetak 19 poin. 

 

Kendati begitu, kemenangan ini tidak diraih timnas Indonesia dengan mudah. Pada kuarter pertama, Indonesia sempat tertinggal dua poin, 20-18. Kondisi ini pun terus bertahan hingga pertengahan kuarter kedua. Bahkan, Indonesia sempat tertinggal 11 poin pada menit keenam kuarter kedua. Timnas Indonesia terlihat terlalu sering melakukan pelanggaran, yang dapat dimanfaatkan Thailan untuk bisa menambah poin.

 

Kendati begitu, babak pertama laga ini justru menjadi milik Indonesia. Pada interval kuarter kedua, Indonesia mampu bangkit. Lemparan tiga angka Abraham Grahita sempat membuat Indonesia memangkas jarak poin. Pun dengan assist dari Jawato kepada Prosper pada penghujung kuarter kedua. Akhirnya, lewat lemparan satu angka, Prosper membawa Indonesia menutup kuarter kedua dengan kemenangan, 48-47.

Memasuki babak kedua, Thailand mulai kehilangan ritme permainan. Di sisi lain, timnas basker Indonesia mulai tampil lebih nyaman. Puncaknya, pada pertengahan kuarter ketiga, Indonesia mulai meninggalkan raihan poin Thailand. Timnas Indonesia akhirnya menuntaskan kuarter ketiga dengan keunggulan hingga 10 poin, 60-70. Pada sepanjang kuarter ketiga, Thailand hanya bisa mencetak 13 poin, sedangkan Indonesia sukses mengemas 22 poin. 

Momentum di kuarter ketiga kemudian diteruskan timnas Indonesia pada kuarter keempat. Timnas Indonesia akhirnya sukses menutup laga dengan kemenangan 76-90 atas Thailand. Ini menjadi satu-satunya laga yang bakal dilakoni Indonesia pada windows kedua.

Rencananya, windows ketiga akan digelar pada 18-22 Februari mendatang. Pada windows ketiga, timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Filipina pada 18 Februari. Nantinya, dua peringkat teratas di Grup A berhak melangkah ke putaran final FIBA Asia Cup 2021. Sementara peringkat ketiga akan menjalani play off guna bersaing memperebutkan empat slot terakhir untuk tampil di babak utama FIBA Asia Cup 2021.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA