Sabtu 28 Nov 2020 18:49 WIB

Gubernur Erzaldi Raih Anugerah Dwija Praja Nugraha

Berbagai program dan inovasi dilakukan Gubernur Erzaldi bagi setiap generasi muda

Konsentrasi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam membangun bidang pendidikan di Bangka Belitung mendapat apresiasi yang tinggi dari pengurus PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pusat berbentuk Anugerah Dwija Praja Nugraha.
Foto: istimewa
Konsentrasi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam membangun bidang pendidikan di Bangka Belitung mendapat apresiasi yang tinggi dari pengurus PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pusat berbentuk Anugerah Dwija Praja Nugraha.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG--Konsentrasi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam membangun bidang pendidikan di Bangka Belitung mendapat apresiasi yang tinggi dari pengurus PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pusat berbentuk Anugerah Dwija Praja Nugraha. 

Anugerah yang diberikan pada puncak peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 dengan tema "Dari PGRI Untuk Indonesia, Kreativitas dan Dedikasi Guru Untuk Indonesia Maju" berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh Pengurus Besar PGRI. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini puncak acara dan penganugerahan akan dilaksanakan secara virtual karena pandemi Covid-19. 

Berbagai program dan inovasi terus dilakukan Gubernur Erzaldi bagi setiap generasi muda. Seperti pada setiap SMK di Babel yang diwajibkan membentuk Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) agar membentuk jiwa wirausaha. 

Selain itu, untuk menyatukan visi dan misi agar pendidikan di Bangka Belitung sejahtera, Gubernur Erzaldi juga menyiapkan berbagai pelatihan bagi guru dan kepala sekolah agar dapat membentuk sistem manajerial yang baik demi membantu siswa-siswi menggapai cita-citanya. 

Program-program ini berhasil menggiring Gubernur Erzaldi menjadi satu-satunya gubernur yang mendapatkan Anugerah Dwija Praja Nugraha di antara kepala daerah kabupaten/kota lain di Indonesia.

Kepedulian dan konsentrasi Gubernur Erzaldi pada bidang pendidikan tidak hanya berfokus di SMA/SMK tetapi pada semua jenjang mulai dari PAUD hingga pendidikan menengah pertama. 

M. Soleh, Kepala Dinas Pendidikan Babel menjelaskan, pada jenjang PAUD dan TK, untuk tenaga guru diberikan bantuan insentif melalui dana hibah yang dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun. Demikian pula SD dan SMP baik sekolah negeri maupun swasta di kabupaten dan kota. "Walau bukan kewenangan provinsi, pak gubernur sangat peduli dengan kesejahteraan guru-guru," katanya. 

Kemudian pada jenjang pendidikan SMA, SMK, dan SLB, Gubernur Erzaldi juga menekankan sarana dan prasarana maupun kesejahteraan para guru. 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan M. Soleh, sesuai arahan Gubernur Erzaldi kesejahteraan ini diberikan kepada kepala sekolah, guru PNS, hingga guru honorer Pemprov. Babel bahkan untuk mitra pendukung pendidikan di Babel. "Ini merupakan kepedulian bidang pendidikan bersama-sama, kita tahu keberhasilan semua bidang itu adalah atas kerja sama semua pihak.  Oleh sebab itu, konsentrasi bapak gubernur membangun bidang pendidikan ini layak mendapat apresiasi yang tinggi dari pengurus PGRI pusat," katanya lebih lanjut. 

Dirinya juga bersyukur tahun ini dari arahan tegas Gubernur Erzaldi, Dinas Pendidikan Babel dapat membangun semua jenjang tanpa terkecuali di Bangka Belitung. 

"Selamat kepada pak Gubernur Erzaldi atas penghargaan yang diberi pengurus PGRI pusat. Ini menjadi semangat bagi kami untuk terus melaksanakan peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Babel," kata Kadis Pendidikan M. Soleh. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement