Sabtu 28 Nov 2020 18:05 WIB

Dokter Usia 27 Tahun di Sultra Meninggal Terpapar Covid-19

Almarhum merupakan dokter umum yang bertugas di Puuwatu.

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara menyampaikan bahwa seorang dokter muda berusia 27 tahun meninggal akibat terkonfirmasi Covid-19. Wakil Ketua IDI Sultra dr Agus Purwo Hidayat di Kendari, Sabtu, mengatakan dokter tersebut bernamaYudhi Aschary Pratama dan dinyatakan meninggal pada Sabtu (28/11) pagi pukul 09.00 Wita di Rumah Sakit Bahteramas Kendari.

"Almarhum adalah dokter pertama yang meninggal akibat positif Covid-19 di Sultra, khusus dokter, masih muda. Umur 27 tahun," kata dr Agus saat diwawancara via telepon selulernya.

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa almarhum merupakan dokter umum yang sebelumnya bertugas di Puskesmas Puuwatu, dan di Rumah Sakit Permata Bunda. Almarhum sebelumnya sempat menjalani perawatan di RSUD Kota Kendari, namun karena gejalanya semakin berat kemudian dirujuk di Rumah Sakit Bahteramas Kendari pada Senin (23/11) dini hari.

"Sempat dirawat di rumah sakit kota, terus dirujuk di Rumah Sakit Bahteramas. Sebetulnya awal gejalanya ringan, cuma setelah beberapa hari dirawat gejalanya semakin berat akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Bahteramas," ujar dia.

 

Dengan gugurnya satu dokter akibat Covid-19, ia berharap masyarakat maupun dokter lainnya agar selalu waspada dengan penyebaran virus tersebut. Penyebaran virus masih terjadi.

"Untuk teman-teman dokter sebetulnya kita harus tetap waspada terhadap semua lingkungan baik lingkungan praktek, lingkungan kerja, terus lingkungan sekitar rumah, kita tidak tahu ini yang bergejala dan bergejala karena sudah banyak pasien pasien yang ada gejala Covid-19, tetapi takut juga untuk memeriksakan diri," katanya.

IDI Sultra mencatat, jumlah dokter yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Sabtu (28/11), sebanyak 103 orang. Rinciannya, dokter spesialis 31 orang dan dokter umum 72 orang. Mereka yang ditanyakan sembuh sebanyak 92 orang dan tengah menjalani perawatan isolasi sebanyak 10 orang dan meninggal satu orang.

Data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sultra hingga Jumat, 27 November 2020 pukul 17.00 Wita, mencatat total kasus positif Covid-19 di daerah itu sebanyak 6.366 orang. Dinyatakan sembuh sebanyak 5.179 orang, yang tengah menjalani perawatan atau isolasi mandiri sebanyak 1.085 pasien dan dinyatakan meninggal sebanyak 102 jiwa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement