Sabtu 28 Nov 2020 20:30 WIB

Arkeolog Temukan Kerangka Paus Berusia 5 Ribu Tahun

Temuan ini akan membantu mengungkap proses evolusi paus.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Paus, ilustrasi
Paus, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Kerangka ikan paus yang diawetkan dengan sempurna telah ditemukan di Thailand baru-baru ini. Yang menakjubkan, kerangka itu diyakini berusia hingga 5 ribu tahun.

Dilansir dari situs berita News Yahoo pada Sabtu (28/11), tim arkeolog menemukan tulang fosil awal bulan ini di provinsi Samut Sakhon, sekitar tujuh mil ke pedalaman dan tepat di sebelah barat Bangkok. Temuan ini memberi kesan bagi para arkeolog karena usia kerangka yang mencapai ribuan tahun.

Baca Juga

Ukuran kerangka paus mencapai panjang sekitar 12 meter. Diperkirakan jenis pausnya ialah paus Bryde. Paus Bryde atau paus edeni adalah salah satu spesies paus rorqual. Dengan standar rorqual, mereka termasuk kecil, dengan berat tidak lebih dari 25 ton.

Paus Bryde menyukai perairan tropis dan hangat daripada perairan kutub. Makanan paus ini kebanyakan adalah ikan. "Bryde" diucapkan "broo-de", dan namanya kadang-kadang salah disebut sebagai "Paus Brutus". Paus Bryde mendapat namanya dari konsul Norwegia di Afrika Selatan, Johan Bryde, yang membantu mendirikan pabrik penangkapan paus pertama di Afrika Selatan pada awal tahun 1900-an.

Temuan arkeolog mencakup tulang tengkorak, tulang belakang, sirip dan tulang rusuk dari paus tersebut. Tim arkeolog meyakini temuan ini akan membantu mengungkap proses evolusi paus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement