Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

IKAPI Lantik Arys Hilman Sebagai Ketua Umum

Sabtu 28 Nov 2020 17:00 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Agus Yulianto

Direktur Utama PT. Pustaka Abdi Bangsa (PAB)  Arys Hilman Nugraha

Foto:
Tantangan bagi IKAPI adalah memainkan peran membangkitkan peradaban.

Setali tiga uang, Ketua Umum terpilih Arys Hilman Nugraha mengaku, megakomodir para pelakunusaha cetak digital kendalam IKAPI. Dia mengatakan, tidak ada halangan bagi penerbit digital untuk bergabung ke dalam IKAPI karena tidak bertentangan dengan AD/ART organisasi.

"Penerbitan buku digital sudah diakomodasi oleh Undang-Undang dan di AD/ART IKAPI juga mengatakan anggota tidak harus menerbitkan buku dalam bentuk cetak tapi anggota harus menerbitkan buku dan itu memiliki ISBN," katanya.

Meski demikian, dia mengaku, bahwa tantangan industri percetakan ke depan tidaklah mudah. Dia mengatakan, industri percetakan tidak hanya terhimpit sedikitnya minat baca masyarakat, tapi saat ini juga terjepit pandemi Covid-19.

Arys mengatakan, tantangan percetakabln dimasa depan masih sulit mengingat jumlah konsumsi buku di masyarakat berkurang akibat dua hal. Pertama, ekosistem perbukuan di Indonesia saat ini masih belum sehat dan para penerbit masih mendapat tantangan dalam hak regulasi serta faktor eksternal lainnya. 

Kedua, karena memang kondisi minat baca itu rendah dan ketika datang era digital masyarakat terlena oleh fenomena tersebut dan tidak larut dalam industri literasi. Dia menegaskan, meski bergerak secara industri namun para penerbit tetap memiliki cita-cita dan idealisme terkait minat baca masyarakat.

"Kami mengajak peran serta pemerintah dan pihak lainnya untuk turut membantu meningkatkan minat baca sehingga penerbit bisa tumbuh sehat. Perlu strategi khusus dan dukungan dari semua pihak agar ekosistem buku kita bisa terselamatkan dari tantangan ini," katanya.

 

Sebelumnya, pelantikan Arys Hilman Nugraha sebagai ketua umum dilakukan oleh Ketua SC Munas IKAPI ke-19, Mahpudi. Dalam kesempatan itu, Direktur Operasional PT Republika Media Mandiri tersebut membacakan ikrar sumpah IKAPI.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA