Sabtu 05 Dec 2020 22:02 WIB

Jangan Retweet dan Like Cuitan di Twitter Sembarangan

Jangan Retweet dan Like Cuitan di Twitter dengan Sembarangan! Ini Dampaknya ....

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Jangan Retweet dan Like Cuitan di Twitter dengan Sembarangan! Ini Dampaknya ..... (FOTO: Unsplash/Sara Kurfess)
Jangan Retweet dan Like Cuitan di Twitter dengan Sembarangan! Ini Dampaknya ..... (FOTO: Unsplash/Sara Kurfess)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Kini, tiap cuitan yang mengandung informasi sesat tak akan mudah menyebar lagi; sebab Twitter mengklaim tak lagi memudahkan pembagian ulang cuitan seperti itu.

Twitter kabarnya akan mengingatkan pengguna supaya tak menyukai atau membagikan cuitan yang memuat misinformasi. Mengutip Cnet, Jumat (27/11/2020), survei internal Twitter menyebut, ada sejumlah penggunanya terbukti menyukai dan membalas cuitan sesat.

"Anjuran membaca lebih banyak informasi sebelum retweet telah menurunkan pengutipan cuitan menyesatkan hingga 29%," ujar Twitter.

Baca Juga: Cara Sembunyikan Status Online di WhatsApp

Baca Juga: 4 Aplikasi yang Dapat Pulihkan Data Terhapus di Android

Pengingat itu hadir ketika pengguna ingin membagikan ulang cuitan. Awalnya, pengguna bisa langsung membagikan cuitan. Namun kini, ada konfirmasi ulang sebelum pengguna melakukan hal itu.

Konfirmasi itu berbunyi, "Ingin mengunjungi tautan lebih dulu? Anda hampir menyebarluaskan tautan yang belum Anda buka di Twitter."

Lebih lanjut, Twitter juga mengembangkan fitur yang memberi tahu pengguna, jika mereka menyukai cuitan dengan label tertentu.

"Ketika pengguna mencoba menyukai cuitan dengan label sengketa, akan ada pesan otomatis yang berbunyi, 'bantu jadikan Twitter tempat untuk memperoleh informasi terpercaya'," ujar perusahaan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement