Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Misi Terbesar Setan adalah Menceraikan Pasangan Suami Istri

Sabtu 28 Nov 2020 13:02 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Esthi Maharani

Perceraian (ilustrasi)

Perceraian (ilustrasi)

Foto: flickr
Pentingnya bagi setiap Muslim untuk memiliki ilmu sebelum berumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengajar Ma'had Daarussunnah Bekasi, Ustaz Muhammad Azizan Lc menjelaskan tentang misi terbesar setan terhadap umat Muslim. Dia menuturkan, misi terbesar setan adalah memisahkan pasangan suami istri.

"Itu misi utama setan sehingga harus kita waspadai. Artinya pernikahan ini perkara yang besar. Kalau bukan, tentu bukan itu tujuannya. Tujuan utamanya memang menjerumuskan kita ke neraka tetapi mengapa memisahkan suami-istri menjadi target mereka," jelasnya dikutip dari akun Youtube Ismail TV, Sabtu (28/11).

Alumnus Fakultas Syariah Universitas al-Imam Muhammad bin Su'ud Riyadh Cabang Jakarta itu memaparkan, misi setan tersebut disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis yang diriwayatkan Muslim (No. 2813) dari jalur Jabir bin Abdillah.

Nabi SAW bersabda bahwa sesungguhnya iblis itu meletakkan singgasananya di atas lautan lalu mengutus bala tentaranya ke seluruh penjuru dunia. Yang paling besar fitnahnya kepada manusia maka dialah yang paling dekat kedudukannya dengan iblis.

Masih dalam hadis itu, disebutkan bahwa ada setan yang datang menemui iblis untuk menyampaikan laporan tentang apa yang baru saja dia lakukan kepada manusia. Setan tersebut mengatakan, dia senantiasa bersama si Fulan untuk menggodanya sampai melakukan banyak dosa.

Lalu iblis pun berkata, "Demi Allah, engkau belum melakukan apa-apa". Kemudian datang lagi tentara iblis yang menyampaikan laporan bahwa dia telah membuat pasangan suami-istri bercerai. "Saya tidak meninggalkan pasangan suami-istri kecuali telah aku pisahkan mereka," kata setan tersebut.Mendengar itu, iblis pun mengungkapkan, "Kau adalah sebaik-baiknya tentara".

Karena itulah, Ustaz Azizan mengingatkan pentingnya bagi setiap Muslim untuk memiliki ilmu sebelum berumah tangga.

"Ini menjadi pegangan buat kita. Karena setiap rumah tangga pasti ada konflik, dan ini suatu hal yang tidak bisa dielakkan. Maka dibutuhkan ilmu," kata Ustaz Azizan, yang saat ini menempuh pendidikan magister di Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA