Sabtu 28 Nov 2020 10:12 WIB

Turki Buka Taman Arkeologi Urartu Berusia 2.900

Turki Buka pemukiman Urartu yang dibangun antara 850 dan 890 SM.

Sisa peninggalan kerjaan kuno Uratu  di Turki
Foto: google.com
Sisa peninggalan kerjaan kuno Uratu di Turki

IHRAM.CO.ID, Turki akan membuka reruntuhan Benteng Altintepe untuk turis dan pengunjung. Kabar itu dilansir menurut kantor berita Anadolu Agency.

Benteng berusia 2.900 tahun tersebut terletak di provinsi Erzincan di Jalur Sutra. Itu adalah pusat Kekaisaran Bizantium dan pemukiman Urartu penting yang dibangun antara 850 dan 890 SM.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki memulai penggalian arkeologi di situs tersebut pada tahun 2003, menurut Anadolu Agency. Penggalian selesai pada 2019, artinya situs tersebut sekarang dapat dibuka untuk umum sebagai taman arkeologi.

AN AMPHITHEATER at the archaeological ruins of the Ionian city of Ephesus, in western Turkey.  (photo credit: NATI SHOHAT/FLASH90)

 

"Situs ini memiliki ratusan artefak bersejarah dan reruntuhan bangunan. Tiga sarkofagus berisi satu-satunya spesimen dari Kerajaan Urartu ditemukan di situs tersebut," kata Mehmet Karaosmanoglu, kepala Departemen Arkeologi di Universitas Ataturk.

Menurutnya, ruang resepsi di kastil, milik periode Urartu, adalah yang terbesar dan satu-satunya contoh yang ditemukan di Anatolia sejauh ini.

Pin on archaeology & prehistoric ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement