Sabtu 28 Nov 2020 06:05 WIB

Ditambah Kecombrang, Jamu Beras Kencur Kian Berkhasiat

Penambahan kecombrang pada jamu beras kencur juga datangkan sejumlah khasiat.

Cafe Suwe Ora Jamu memodifikas jamu beras kencur dengan campuran bahan kecombrang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Cafe Suwe Ora Jamu memodifikas jamu beras kencur dengan campuran bahan kecombrang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Suwe Ora Jamu memodifikasi beras kencur dengan campuran bahan kecombrang. Tambahan tumbuhan rempah yang juga dikenal dengan nama honje itu memberikan sentuhan aromatik dan menambah manfaat jamu tersebut.

"Kecombrang ini salah satu rempah yang termasuk eksotis di Indonesia, aromatik banget dan sangat harum jadi untuk mem-balance," kata CEO PT Suwe Ora Jamu Amertha Nova Dewi Setiabudi dalam acara Master Class Jalur Rempah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tema "Sambung Rasa: Master Rempah Dunia 2020", Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Nova menuturkan, kencur sangat baik dikonsumsi terutama di masa pandemi Covid-19 karena mempunyai zat antibiotik alami dan antiperadangan. Kencur juga bermanfaat untuk merilakskan otot dan menyehatkan persendian.

"Ketika saya membuat menu-menu di Suwe Ora Jamu itu salah satu hightlight dan fokus terpenting adalah rasa," ujarnya.

Nova mengatakan, beras kencur dibuat dari campuran bahan antara lain beras, kencur, gula merah untuk pemanis, daun jeruk purut, jeruk limau, bunga kecombrang, dan garam. Berdasarkan penelitian, kecombrang memiliki fitokimia berupa flavonoid, terpenoid, saponin, tanin dan alkaloid.

Selain itu, menurut Nova, kecombrang juga mempunyai kandungan minyak atsiri yang tinggi. Bunga kecombrang juga bersifat anti bakteri, dapat mempercepat penyembuhan luka, menstabilkan kadar gula dan tekanan darah serta merupakan antioksidan yang baik.

Pada acara itu, Nova membuat dua minuman rempah atau jamu. yakni beras kencur merona dan wedang rempah. Wedang rempah terbuat dari bahan-bahan antara lain pala, cengkih, kemukus, cabai jawa, kayu manis, serai, kunyit putih, kapulaga, daun pandan, dan jeruk nipis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement