Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Promotor Klarifikasi Soal Aturan Duel Tyson Vs Roy Jones Jr

Jumat 27 Nov 2020 20:21 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Mike Tyson.

Mike Tyson.

Foto: insider
Pertarungan antara Tyson dan Jones Jr dijadwalkan digelar sebanyak delapan ronde.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Komisi Atletik Negara Bagian California (CSAS) telah mengeluarkan seperangkat aturan dalam pertarungan Mike Tyson kontra Roy Jones jr, yang bakal digelar di Staples Center, Los Angeles, California, Sabtu (28/11) waktu setempat. Salah satu aturan di laga ekshibisi itu kemudian memicu sejumlah polemik.

Aturan tersebut adalah tidak diperbolehkan adanya kemenangan via pukulan KO (knock-out). Selain itu, duel itu juga tidak akan dilengkapi dengan juri. Dengan begitu, ada kemungkinan tidak adanya pemenang dari duel comeback dua mantan petinju tersebut. Namun, kemungkinan itu langsung ditutup oleh promotor pertarungan tersebut, Triller.

Salah satu pemilik Triller, Ryan Kavanaugh, mengklarifikasi terkait polemik aturan tersebut. Menurutnya, di duel tersebut, salah satu petinju diperbolehkan menjatuhkan lawan lewat pukulan KO. Pun dengan adanya penentuan pemenang berdasarkan penilaian dari juri.

''Akan ada kemungkinan KO di laga itu dan ada pemenang di duel tersebut. Orang yang menyebut tidak ada pemenang dan tidak ada juri di duel itu memiliki agenda lain serta tidak mengerti apa yang terjadi. WBC akan melakukan penilaian dalam duel tersebut,'' ujar Kavanaugh seperti dilansir Sky Sports, Jumat (27/11).

Sebelumnya, salah satu organisasi tinju dunia, World Boxing Council (WBC), memang akan mengirimkan tiga juri tamu di duel tersebut. Tiga juri tersebut merupakan mantan juara dunia tinju versi WBC, yakni Christy Martin, Vinny Pazienza, dan Chad Dawson.

Nantinya, tiga juri ini akan melakukan penilaian untuk bisa menentukan juara di duel tersebut. Kendati begitu, penilaian dari juri ini bersifat independen. Alhasil, apapun hasil dari penilaian juri ini di duel tersebut, tidak akan ditambahkan dalam catatan pertarungan Tyson dan Jones Jr sebagai petinju profesional.

Kavanaugh pun menegaskan, satu-satunya perbedaan yang ada di duel ini dengan gelaran pertarungan tinju profesional adalah berat sarung tinju yang digunakan, durasi dalam satu ronde, dan jumlah ronde pertarungan. Pertarungan antara Tyson dan Jones Jr dijadwalkan digelar sebanyak delapan ronde, dengan durasi dua menit di setiap ronde.

Selain itu, Tyson dan Jones Jr akan mengenakan sarung tinju seberat 12 ounce (311 gram). Hal ini sebenarnya sudah sesuai dengan apa yang ditetapkan CSAC untuk duel ini.

''Untuk lebih jelas. Kami tidak menggunakan aturan CSAC dalam menentukan pemenang. WBC yang akan melakukan penilaian dan pemenang akan ditentukan berdasarkan penilaian tersebut. Hasil di duel ini tidak akan ditambahkan ke catatan pertarungan dua petinju tersebut. Kami mohon maaf atas ketidajelasan ini,'' jelas Kavanaugh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA