Jumat 27 Nov 2020 19:38 WIB

Pembangunan Masjid Taksim Hampir Selesai, Dibuka Ramadhan

Area bawah tanahnya akan digunakan sebagai tempat parkir tertutup.

Pembangunan Masjid Taksim Hampir Selesai, Dibuka Ramadhan (ilustrasi).
Foto: AP/Emrah Gurel
Pembangunan Masjid Taksim Hampir Selesai, Dibuka Ramadhan (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,ISTANBUL -- Pembangunan masjid besar di Taksim Square Istanbul yang ikonik hampir selesai dan dijadwalkan dibuka selama bulan suci Ramadhan. Pekerjaan fasad masjid di atas permukaan tanah, yang dilanjutkan sesuai dengan aturan jarak sosial akibat pandemi, diselesaikan sementara perakitan bangunan pracetak sudah pada tahap terakhir.

Dilansir dari Daily News, Jumat (27/11) sebuah perancah dibangun untuk pekerjaan di masjid, di mana sebuah prasasti di pintu utama digantung dan batu bingkai diletakkan. Saat pembangunan masjid selesai, ketinggiannya, di luar menara, akan menjadi sekitar 30 meter, sama dengan dua gereja bersejarah di kawasan itu.

Kompleks ini juga akan memiliki gedung pertemuan, sedangkan area bawah tanahnya akan digunakan sebagai tempat parkir tertutup dengan kapasitas 180 kendaraan.

Masjid tersebut diperkirakan akan dibuka untuk sholat di bulan suci Ramadhan, sesuai dengan April-Mei 2021 tahun ini menurut kalender Gregorian.

Rencana pembangunan masjid di Lapangan Taksim telah dikerjakan selama beberapa dekade. Pengadilan sebelumnya menolak pembangunan masjid tersebut, karena dianggap bertentangan dengan kepentingan publik.

Bidang tanah tempat masjid dibangun saat ini dimiliki oleh Direktorat Jenderal Yayasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement