Jumat 27 Nov 2020 17:18 WIB

Koleksi Langka Supreme akan Dilelang

Balai lelang Christie's akan melelang koleksi Supreme pada Desember 2020.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Supreme akan melelang koleksi lengkap kaus berlogo jenamanya yang dirilis mulai dari 1994 hingga 2000.
Foto: Christies
Supreme akan melelang koleksi lengkap kaus berlogo jenamanya yang dirilis mulai dari 1994 hingga 2000.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Streetwear saat ini telah masuk menjadi bisnis besar di rumah lelang. Belakangan, rumah lelang yang telah berusia berada-abad pun menghadirkan barang di luar kategori seni tradisional hingga menarik pembeli dari generasi baru.

Dilansir laman Channel News Asia, balai lelang Christie mempersembahkan lelang pertamanya yang didedikasikan untuk merek skate underground yang berubah menjadi merek mainstream, Supreme. Lelang yang akan berlangsung pada Desember itu bertajuk Behind The Box: 1994-2000.

Baca Juga

Behind The Box akan menampilkan beberapa kolaborasi ikonik Supreme dengan aneka jenama, mulai dari Louis Vuitton, KAWS, Takashi Murakami, Nike, Comme des Garcons, hingga Bape. Ada dua bagian dalam penjualan yang akan dilakukan secara daring.

Koleksi yang dijual termasuk deck skateboard seri artis, satu set stiker logo Supreme box, mesin pinball edisi terbatas. Bahkan sepeda gunung, sepeda trail, dan sepeda motor pun akan hadir dalam seri lelang Behind The Box.

Salah satu edisi khusus yang disajikan untuk penjualan pribadi bersama seri lelang adalah The Box Logo Collection. Koleksi ini merupakan koleksi penting dari setiap kaus berlogo Supreme box yang dirilis ritel sejak 1994, yang dikurasi oleh kolektor berusia 21 tahun James Bogart.

Koleksi The Box Logo tersebut dianggap sebagai arsip lengkap pertama yang pernah ada, dilengkapi dengan banyak item yang tidak ditemukan di pasar sekunder. Bogart membutuhkan total enam tahun untuk mengumpulkan koleksi t-shirt-nya.

Bogart mencatat desain logo kotak ikonik merek tersebut dari tahun 1994 hingga 2020 dan mewakili "cawan suci" bagi kolektor Supreme. Dengan koleksi total 252 kaus, The Box Logo diharapkan mencapai 2 juta dolar AS (setara dengan Rp 28,3 miliar).

Jika tercapai, itu akan menjadikannya koleksi paling berharga dari Supreme yang pernah ditawarkan dalam satu penjualan. Lelang Christie muncul pada saat yang menarik untuk Supreme. Sebab, Supreme baru saja diakuisisi oleh VF Corp dalam sebuah kesepakatan yang menilai merek skate tersebut sekitar 2,1 miliar dolar AS. VF Corp juga merupakan perusahaan induk dari Vans, The North Face, dan Timberland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement