Jumat 27 Nov 2020 17:14 WIB

Kadisdik: PJJ di Tangsel Berjalan Efektif

Dinas Pendidikan melakukan sejumlah upaya dalam mencapai efektivitas PJJ

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah
Siswa belajar secara daring (ilustrasi)
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Siswa belajar secara daring (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan, Taryono mengklaim pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau kegiatan belajar mengajar secara online di Tangerang Selatan pada masa pandemi Covid-19 berjalan secara efektif. Hal itu terjadi seiring dengan upaya pemenuhan kebutuhan bagi para pendidik maupun anak didik. 

"Sejauh ini PJJ efektif dilaksanakan," kata Taryono dalam acara kunjungan anggota DPR RI Komisi X di Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Jumat (27/11). 

Baca Juga

Taryono menjelaskan, pihaknya melakukan sejumlah upaya dalam mencapai efektivitas PJJ. Di antaranya, melakukan sosialisasi kepada para guru terkait dengan PJJ, bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti organisasi peduli pendidikan serta perguruan tinggi. 

Selain itu juga, Pemkot Tangsel menfasilitasi hal-hal yang dikeluhkan oleh masyarakat terkait dengan pemanfaatan jaringan internet. Taryono menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan operator seluler dan memberikan kartu perdana serta kuota internet kepada masyarakat yang membutuhkan, baik bagi guru maupun siswa. 

Taryono melanjutkan, PJJ di Tangsel berjalan secara efektif karena dipadukan dengan 20 persen pembelajaran secara langsung. "PJJ efektif karena dipadukan dengan luring," terangnya. 

Dalam prakteknya, Pemkot Tangsel memberi izin kepada sebagian guru untuk mendatangi para siswanya yang mengalami kesulitan dalam memperoleh akses jaringan internet. Sehingga dipastikan seluruh anak didik di Tangsel tetap bisa mendapatkan akses pendidikan di tengah kondisi pandemi Covid-19.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement