Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Kiat Sukses dalam Wawancara Kerja

Kamis 26 Nov 2020 14:21 WIB

Red: Irwan Kelana

UBSI bersama Pintek menggelar webinar tentang trik sukses mengikuti wawancara kerja.

UBSI bersama Pintek menggelar webinar tentang trik sukses mengikuti wawancara kerja.

Foto: Dok UBSI
UBSI bersama Pintek mengupas trik sukses mengikuti interview.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) bekerja sama dengan PT Pinduit Teknologi Indonesia atau lebih dikenal Pintek  sukses melangsungkan webinar bertajuk ‘How to be Successful in a Job Interview?’ secara daring melalui Zoom cloud meetings dan channel youtube Kuliah BSI Aja.

Sandriani Azizi selaku HR Manager Pintek mengatakan bahwa semasa ia kuliah dan akan mengikuti  interview,  orang tuanya memberikan buku ‘kiat-kiat sukses untuk interview’.

“Dulu selepas saya kuliah, bapak kasih buku ke saya tentang kiat sukses dalam interview. Tetapi sekarang  informasi tersebut tidak hanya bisa diperoleh  dari buku.  Salah satunya dari kegiatan webinar ini,” tutur Sandriani, Rabu (25/11).

Ia mengajak peserta untuk mengenal terlebih dahulu perusahaan startup lalu selanjutnya membagikan tips cara sukses dalam wawancara kerja. “Awalnya perusahaan startup lebih dikenal dengan perusahaan rintisan namun kini perusahaan startup dikenal sebagai perusahaan dengan menerapkan inovasi teknologi,” pungkasnya.

Budaya kerja di perusahaan startup tentu berbeda dengan perusahaan kebanyakan. Budaya kerja startup pekerjaannya sering kali berubah, jam kerja lebih fleksibel, memiliki suasana kerja yang baru, komunikasi lebih terbuka, mengadakan pelatihan untuk menambah wawasan, dan target individu lebih diperhatikan.

“Tips dan trik saat interview antara lain yang pertama yakni membuat CV yang menarik. Pastikan layout design yang easy-reading, jabarkan current/ previous job desk yang pernah dikerjakan pada saat bekerja atau magang, dan pastikan alamat email dan nomor kontak aktif,” ujarnya.

Tips dan trik saat interview kedua yakni adab ketika dihubungi oleh HRD. Pastikan posisi yang ditawarkan sesuai dengan yang diinginkan, lakukan riset  perusahaan terlebih dahulu sebelum melakukan interview, telusuri lokasi perusahaan apabila akan melakukan face to face interview, komitmen dengan tanggal interview yang telah ditentukan, gunakan bahasa yang sopan ketika dihubungi, dan segera lakukan atau kirimkan apabila diminta kelengkapan dokumen.

“Tips dan trik saat interview ketiga yakni ketika interview (face to face) antara lain berpakaian rapih dan sopan, percaya diri dan tidak gugup, memberikan penjelasan yang tidak berbelit-belit dan tidak membosankan, dan tidak menjelek-jelekan mantan atasan, kolega, ataupun perusahaan tempat bekerja sebelumnya,” bebernya.

Selanjutnya, tips dan trik saat interview keempat yaitu ketika interview (online)  pastikan memiliki sinyal yang bagus, hindari mencari lokasi di keramaian, dan hindari kemungkinan-kemungkinan gangguan yang terjadi dari pihak lain ketika interview.

“Manfaatkan apabila diberikan kesempatan untuk bertanya oleh interview, perihal status, waktu bekerja, budaya bekerja, jenjang karir dan lain sebagainya yang berkaitan tentang pekerjaan di perusahaan yang ingin dituju,” jelasnya.

Terakhir, Sandriani membagikan tips dan trik saat interview pada webinar yang bekerja sama dengan Kampus UBSI ini. “Setelah interview, tunggulah sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh HRD. Biasanya 1-2 minggu dan diperbolehkan untuk menghubungi HRD kembali apabila belum ada informasi, namun tetap berkala dan menggunakan bahasa yang sopan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA