Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Alodokter Raih Pendanaan dari Telkom Group Rp 466,5 Miliar

Kamis 26 Nov 2020 12:33 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Aplikasi Alodokter.

Aplikasi Alodokter.

Foto: Alodokter
Pendanaan untuk Alodokter diberikan melalui MDI Ventures, anak usaha Telkom.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Super App kesehatan Alodokter, meraih pendanaan dari MDI Ventures, sebuah perusahaan modal ventura milik Telkom Indonesia. Pendanaan ini merupakan perpanjangan dari 33 juta dolar AS Seri C atau setara Rp 466,5 miliar yang dihimpun Alodokter di 2019. 

Para investor sebelumnya, seperti Sequis, Golden Gate Ventures, Heritas, dan Hera Capital juga bergabung dalam perpanjangan pendanaan ini. Chief Executive Officer MDI Ventures Donald Wihardja meyakini, Alodokter merupakan perusahaan rintisan yang dapat bermitra dan bertumbuh bersama Telkom.

Dengan pendanaan baru lebih besar yang diterima dari telkom tahun ini, Donald mengatakan, MDI Ventures juga berperan membawa kemitraan inovatif tersebut ke badan usaha milik negara lainnya, terutama di sektor-sektor kritis seperti kesehatan. 

Baca Juga

"Seiring meningkatnya penggunaan telemedicine di Indonesia dan melihat kepemimpinan Alodokter sebagai penyedia solusi di sektor ini, kami berharap dapat membantu menyebarkan dampak solusi tersebut ke seluruh Indonesia," kata Donald melalui keterangan resminya, Kamis (26/11).

Presiden Direktur Alodokter Suci Arumsari menyatakan, investasi MDI di Alodokter membuktikan komitmen perusahaan rintisan ini dalam membantu jutaan masyarakat di Indonesia. Pendanaan ini menyatukan misi layanan publik Telkom Indonesia dengan pendekatan bisnis Alodokter guna mendukung layanan kesehatan umum. 

"Alodokter akan menggunakan pendanaan ini untuk meningkatkan kemampuan kami dalam memenuhi harapan pengguna di Indonesia dan meningkatkan platform kesehatan digital kami agar lebih lengkap, mudah diakses, dan terjangkau," ungkap Suci.

Platform Alodokter menghubungkan lebih dari 30 ribu dokter dan 1.500 rumah sakit serta klinik dengan jutaan pasien Indonesia. Alodokter juga menyediakan beragam layanan seputar telemedicine seperti booking dokter, asuransi kesehatan dan konten artikel dan video kesehatan. 

Alodokter juga akan meluncurkan layanan baru e-pharmacy dalam beberapa bulan ke depan. Saat ini Alodokter sedang menyempurnakan platform solusi kesehatan untuk menjadi salah satu yang terlengkap di dunia, guna mengelola kesehatan pasien dengan maksimal.

Alodokter saat ini memiliki lebih dari 27 juta pengguna aktif, hal ini menunjukan lebih dari 10 persen populasi masyarakat Indonesia menggunakan Alodokter setidaknya satu kali sebulan. Tren aplikasi layanan kesehatan digital ini didorong oleh pengguna wanita dan keluarga muda modern yang mencerminkan 70 persen dari keseluruhan pengguna aktif aplikasi. 

"Kami menciptakan Alodokter untuk menyediakan layanan medis yang dapat diandalkan dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa dengan memberikan layanan medis berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau adalah kunci untuk menarik jutaan pasien. Strategi ini terbukti efektif dan kami sangat bangga dapat membantu jutaan orang setiap hari nya," kata CEO Alodokter, Nathanael Faibis.

MDI Ventures merupakan perusahaan modal ventura milik Telkom Indonesia. Pengumuman resmi ini membuka jalan untuk kolaborasi strategis jangka panjang antara Alodokter, MDI Ventures, dan Telkom Group, seiring berkembangnya platform telemedicine untuk melayani peningkatan kebutuhan dari masyarakat Indonesia sebaik-baiknya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA