Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Dosen IPB Beri Pelatihan Digital Marketing Perhutanan Sosial

Kamis 26 Nov 2020 05:47 WIB

Red: Irwan Kelana

Dosen IPB University Medhanita Dewi Renanti SKom, MKom mengisi pelatihan digitak marketing perhutanan sosial.

Dosen IPB University Medhanita Dewi Renanti SKom, MKom mengisi pelatihan digitak marketing perhutanan sosial.

Foto: Dok IPB University
Sebanyak 90% dari 175,4 juta pengguna internet di RI kunjungi toko ritel online.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menghadirkan Dosen IPB University dari Program Studi Manajemen Informatika Sekolah Vokasi, Medhanita Dewi Renanti, SKom, MKom sebagai salah satu pembicara dalam Pelatihan Penumbuhan Minat Berwirausaha Perhutanan Sosial di Kalangan Pemuda, Sabtu (21/11). Kegiatan ini bertujuan untuk memajukan ekosistem kewirausahaan khususnya di bidang perhutanan sosial.

Dalam kesempatan ini, Medhanita menyampaikan materi tentang digital marketing yang memuat pentingnya penggunaan digital marketing, komponen dan dampak digital marketing, cara-cara melakukan digital marketing, sampai tips cepat closing dan copywriting.

Menurutnya, kesuksesan mempelajari dan menerapkan digital marketing adalah jujur, disiplin, bekerja lebih cerdas dibandingkan yang lain. Saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 175.400.000 dari total populasi 272.100.000.

“Dari total tersebut 90 persen mengunjungi toko ritel online dengan kategori pengguna usia 16-64 tahun. Rata-rata pengguna mencari produk melalui mesin pencari dan sebagian besar diarahkan ke marketplace,” terangnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Beberapa data menunjukkan Indonesia sebagai pasar e-commerce terbesar di  ASEAN dan data terakhir menunjukkan salah satu marketplace terbesar mencapai 184.800.000 pengguna tiap bulannya. Selain itu masa pandemi ini mengubah landscape bisnis, di antaranya konsumen mulai beralih ke online.

“Hal ini sebagai landasan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya menggunakan digital mulai dari branding, social media, content marketing, email marketing, video production, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Web Design, dan app development.

Pemuda saat ini adalah pemuda yang termasuk generasi milenial dan generasi Z, merupakan periode puncak dalam kehidupan mereka. Mereka lebih mudah beradaptasi terhadap teknologi, platform media sosial, dan respon terhadap iklan. “Hal ini tentunya menyebabkan perubahan terhadap pemasaran yang disesuaikan dengan generasi karena mereka menempati posisi teratas pengguna teknologi,” pungkasnya.

Narasumber lainnya yang hadir yakni Dr Soni Trison. Ia adalah dosen IPB University dari Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan. Dr Soni menyampaikan tentang ide, kreativitas dan peluang bisnis perhutanan sosial serta penyusunan proposal bisnis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA