Rabu 25 Nov 2020 19:58 WIB

IPB University Konsisten Informatif Selama 3 Tahun Versi KIP

Prestasi itu diraih tahun 2018, 2019 dan 2020.

IPB University berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020, setelah sebelumnya meraih prestasi yang sama pada tahun 2018 dan 2019..
Foto: Dok IPB University
IPB University berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020, setelah sebelumnya meraih prestasi yang sama pada tahun 2018 dan 2019..

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- IPB University lagi-lagi dinobatkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020. Sebelumnya selama dua tahun berturut-turut yaitu 2018 dan 2019, IPB University selalu menjadi kampus yang masuk klaster Informatif dalam penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) ini.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Prof Dr KH Ma'ruf Amin kepada Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria pada acara Penganugerahan yang dilakukan secara daring, Rabu  (25/11).

"Penganugerahan ini diberikan oleh Komisi Informasi Pusat setiap tahunnya kepada Badan Publik yang menerapkan dan menjalankan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Pusat," terang Ketua Komisi Informasi Pusat, Gede Narayana.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun ini diberikan kepada Badan Publik yang memenuhi Kualifikasi Informatif meliputi Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, Pemerintah Provinsi, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri, dan Partai Politik.

Prof Dr KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyebut, ajang ini merupakan ajang untuk mengapresiasi badan publik yang telah serius mengupayakan keterbukaan informasi publik demi memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses informasi.

"Kepada badan publik yang mendapatkan kualifikasi informatif, saya ucapkan selamat atas pencapaiannya. Teruslah bertahan dalam visi untuk menjaga serta mengembangkan kualitas pelayanan publik agar semakin baik lagi. Kepada badan publik dengan kualifikasi menuju informatif, saya berharap tahun depan seluruhnya dapat memenuhi kualifikasi informatif dengan komitmen dan strategi, yang tepat saya yakin hal itu bisa diwujudkan," kata Prof Ma'ruf Amin dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Adapun badan publik yang masih berada dalam kualifikasi cukup informatif, kurang informatif dan tidak informatif, Wakil Presiden RI mendorong untuk terus melakukan akselerasi dan perbaikan implementasi keterbukaan informasi publik dengan mengaplikasikan secara konsisten nilai transparansi, akuntabilitas, inovasi serta partisipasi dalam setiap akses pelayanan informasi publik.

Atas capaian ini, Rektor IPB University, Prof Dr Arif mengungkapkan rasa syukur karena IPB University mampu mempertahankan prestasi yang baik ini. “Semoga prestasi ini semakin menyemangati kita semua untuk terus mewujudkan Good University Governance. Prestasi ini tak lepas dari peran seluruh stakeholders IPB University dalam memberikan pelayanan publik, khususnya Biro Komunikasi yang selama ini memberikan pelayanan informasi maupun dalam publikasi atau pemberitaan yang luas dan tak henti-henti baik melalui website, media sosial, media massa, media luar ruangan, maupun media internal dan karya-karya lainnya,” jelas rektor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement