Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Hentikan Makan Berlebihan di Depan TV dengan Cara Ini

Rabu 25 Nov 2020 19:53 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Seseorang cenderung makan berlebihan saat di depan televisi.

Seseorang cenderung makan berlebihan saat di depan televisi.

Foto: www.freepik.com
Makan di depan TV bisa membuat Anda melahap lebih banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan dan menonton televisi adalah perilaku yang umum dijumpai. Banyak orang menikmati waktu santai dan menikmati makanan sambil menikmati tayangan dari layar kaca.

Saat melakukannya, kita biasanya kehilangan jejak rasa lapar dan cenderung makan berlebihan, yang mengakibatkan penambahan berat badan. Menghentikan kebiasaan itu tidak mudah. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti dilansir di laman Time of India, Rabu (25/11):

1. Sadar saat makan

Menjadi sadar dan hadir saat ini adalah praktik penting yang harus diikuti seseorang saat makan. Sama seperti pekerjaan lainnya, Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda makan dan menikmati setiap gigitannya.

Multitasking (antara makan dan menonton televisi) bisa menyebabkan gangguan atau terburu-buru makan. Keduanya bisa membuat Anda makan lebih banyak. Menikmati makanan Anda bisa membantu mengontrol asupan makanan. Perut Anda mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah kenyang dan Anda harus berhenti.

2. Menghentikan kebiasaan

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, hentikan kebiasaan buruk ini (makan di depan televisi). Pindah ke meja makan dan nikmati makanan Anda dengan lebih damai dan penuh perhatian. Hanya butuh waktu 15 menit untuk menyelesaikan makanan Anda.

3. Makan sebelum menonton televisi

Hal terbaik adalah makan sebelum mengambil remote. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya, maka Anda dapat mencoba trik sederhana ini untuk memperhatikan asupan makanan.

4. Perhatikan porsi Anda

Jika Anda duduk dengan semangkuk besar popcorn atau wafer, Anda pasti akan menghabiskan semuanya. Pilih mangkuk kecil dan ambil bagian Anda di dalamnya. Makan camilan sebanyak itu dan usahakan untuk tidak mengisi ulang.

Hal yang sama berlaku untuk makan malam Anda. Isi piring Anda hanya sekali di awal. Ambil apapun yang Anda butuhkan dan jangan mengisinya untuk kedua kalinya.

5. Terlibat dalam pekerjaan lain

Lakukan pekerjaan lain, selain ngemil sambil menonton televisi. Anda bisa mengecat kuku atau mencoba pijat kaki untuk mengalihkan perhatian dan melepaskan diri dari ngemil. Ketika tangan Anda akan terlibat dalam pekerjaan yang berbeda, Anda akan makan lebih sedikit barang yang tidak sehat.

6. Minum air putih

Coba untuk mengekang keinginan Anda sebelumnya atau minum segelas air setiap kali Anda ingin mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kita sering mendambakan junk food saat haus. Meminum air dingin dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.





BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA