Rabu 25 Nov 2020 17:00 WIB

Forum Zakat Kembali Gelar CEO OPZ Forum

CEO OPZ forum kembali digelar Forum Zakat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Forum Zakat Kembali Gelar CEO POZ Forum. Foto: Ilustrasi Zakat
Foto: Republika/Prayogi
Forum Zakat Kembali Gelar CEO POZ Forum. Foto: Ilustrasi Zakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Forum Zakat kembali akan menggelar agenda tahunan CEO OPZ Forum. Acara kali ini memiliki tema Dua Dekade Forum Zakat: Menguatkan Gerakan Zakat Indonesia.

CEO OPZ Forum akan dilaksanakan di Bandung, pada 26-27 November 2020. Forum ini memberikan kesempatan bagi para pimpinan/CEO/direktur Organisasi Pengelola Zakat untuk saling memberikan gagasan, masukan, dan informasi untuk memperkuat gerakan zakat Indonesia yang dikelola melalui Forum Zakat.

Baca Juga

Secara khusus, CEO OPZ 2020 merupakan juga menjadi agenda strategis menjelang Musyawarah Nasional IX Forum Zakat yang akan dihelat di Kota Malang pada Februari 2021, mendatang.

“Zakat adalah salah satu poros utama pembangunan ekonomi dalam Islam. Jika dikelola dengan baik dan benar kita meyakini bahwa zakat akan menjadi salah satu senjata pamungkas kebangkitan Islam. Gerakan selama tiga tahun belakang ini mengalami dinamika yang begitu banyak, berbagai pekerjaan-pekerjaan kolaboratif dalam berbagai isu semakin memperkuat posisi gerakan zakat dalam kancah pembangunan bangsa,” kata Ketua Forum Zakat, Bambang Suherman dalam rilis yang diterima Republika, Rabu (25/11).

Dinamika yang terjadi dalam tiga tahun terakhir bagaikan pupuk yang semakin menguatkan tanaman, masing-masing Organisasi Pengelola Zakat semakin bersemangat berikhtiar memberikan kontribusi nyata dan berdampak positif terhadap pembangunan umat.

“Alangkah luar biasanya jika masing-masing ikhtiar tersebut disatukan dan disinergikan menjadi gerakan dengan dampak yang lebih besar lagi. Selain itu, seiring dengan naiknya penghimpunan secara umum di seluruh lembaga amil zakat dan bertambahnya regulasi tentang zakat yang makin rinci meski belum ideal, maka seluruh stakeholders perlu mempersiapkan diri lebih baik,” tambah Sekretaris Jenderal Forum Zakat Nana Sudiana.

Oleh karena itu lewat CEO OPZ Forum, FOZ sebagai Rumah Besar Gerakan Zakat ingin kembali menguatkan persatuan dan persaudaraan pegiat-pegiat zakat, menguatkan rasa cinta dan bangga sebagai pejuang zakat, membangun sinergi-sinergi positif yang semakin memperluas kebermanfaatan lembaga. Sehingga tercipta harmoni gerakan zakat yang memberikan dampak positif yang jauh lebih besar dari periode-periode sebelumnya.

“CEO OPZ Forum akan berfokus pada dua isu utama, yakni persiapan uji sertifikasi Ahli Amil Zakat setelah dirampungkannya SKKNI Amil Zakat, serta peluang dan tantangan gerakan zakat tiga tahun ke depan dalam rangka menuju Musyawarah Nasional IX FOZ 2021,” lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement